Nadia , Putri Ramadhani (2025) PENGARUH MEDIA SOSIALTIKTOK TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2024 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK -Nadia Putri Ramadhani.pdf Download (257Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Nadia Putri Ramadhani.pdf Restricted to Hanya staf Download (1500Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Nadia Putri Ramadhani.pdf Download (988Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pemilih pemula merupakan individu berusia 17–21 tahun yang untuk pertama kalinya menggunakan hak pilih dalam pemilu. Kelompok ini memiliki peran penting dalam demokrasi karena keterlibatannya dapat memengaruhi hasil pemilu. Generasi ini dikenal aktif dalam mengakses informasi politik melalui media sosial, khususnya TikTok, yang kini tidak hanya menjadi media hiburan, tetapi juga ruang penyebaran informasi dan kampanye politik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media sosial TikTok terhadap partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Presiden 2024, dengan fokus pada mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 601 mahasiswa angkatan 2021–2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel 86 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, serta uji t dengan bantuan software JASP versi 0.19.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial TikTok berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi pemilih pemula. Nilai korelasi sebesar 0.459 menunjukkan hubungan positif dengan kekuatan sedang. Uji t menunjukkan nilai thitung 4.733 > ttabel 3.190 dengan signifikansi p < 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh TikTok terhadap partisipasi pemilih pemula signifikan secara statistik dan memiliki dasar yang nyata. Koefisien determinasi (R2) sebesar 21,1% menunjukkan bahwa penggunaan TikTok menyumbang sebesar 21,1% terhadap partisipasi pemilih pemula. Meski signifikan, pengaruh tersebut termasuk kategori lemah. Kata Kunci: Media sosial TikTok, partisipasi pemilih pemula, pemilihan presiden 2024. First-time voters are individuals aged 17–21 who are exercising their right to vote in an election for the first time. This group plays a crucial role in democracy because their involvement can influence election outcomes. This generation is known to actively access political information through social media, particularly TikTok, which has now become not only a medium for entertainment but also a platform for disseminating information and political campaigns. This study aims to explain the influence of TikTok on first-time voter participation in the 2024 Presidential Election, focusing on students in the Department of Governmental Science, Faculty of Social and Political Sciences, University of Lampung. This study used a quantitative approach, with a population of 601 students from the 2021–2024 intake. The sampling technique used was Proportionate Stratified Random Sampling, with a sample size of 86 respondents. Data were collected through questionnaires and analyzed using the Guttman scale. Data analysis techniques included instrument testing, classical assumption testing, product- moment correlation, simple linear regression analysis, and t-tests using JASP software version 0.19.3. The results indicate that TikTok has a positive and significant effect on first-time voter participation. A correlation value of 0.459 indicates a positive relationship with moderate strength. The t-test shows a calculated t value of 4.733 > ttable 3.190 with a significance of p < 0.001. This indicates that TikTok's influence on first-time voter participation is statistically significant and has a real basis. The coefficient of determination (R2) of 21.1% indicates that TikTok usage contributed 21.1% to first-time voter participation. Although significant, this influence is categorized as weak. Keywords: TikTok social media, first-time voter participation, 2024 presidential election.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) |
| Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Pemerintahan |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:47 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 02:47 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93039 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
