Faras, Mahisya Athiya (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - FARAS MAHISYA.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL (1) - FARAS MAHISYA.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - FARAS MAHISYA.pdf Download (6Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan bahan ajar yang menyajikan uraian materi secara lengkap dan terstruktur dalam materi Pengetahuan Dasar Pemetaan berdasarkan Tujuan Pembelajaran (TP) Kurikulum Merdeka pelajaran Geografi kelas X MAN 1 Bandar Lampung. Siswa dinilai lebih tertarik dengan bahan ajar dengan tampilan menarik dan atraktif untuk digunakan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pengetahuan dasar pemetaan berbasis Heyzine Flipbook yang tervalidasi dan layak, serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian (R&D) ini menggunakan Model Pengembangan 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate) oleh Thiagarajan dkk., (1974). Untuk menguji efektivitas e-modul, digunakan desain pre-experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas X.11 MAN 1 Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar (pretest dan posttest) dan dianalisis menggunakan perhitungan Normalized Gain (N-Gain) Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul pengetahuan dasar pemetaan berbasis Heyzine Flipbook dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. E-modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi (92%), ahli desain pembelajaran (90,90%), ahli bahasa (80%), penilaian oleh guru (94,43%), dengan rata-rata keseluruhan e-modul (89,33%) yaitu kriteria sangat baik dan layak digunakan. Hasil uji respon siswa (95,09%) dengan kriteria sangat baik. Dari aspek minat belajar, sebelum penggunaan e-modul, minat belajar siswa didominasi kategori rendah (54,55%) & cukup (45,45%), Setelah penggunaan e-modul, terjadi peningkatan minat belajar secara signifikan, ditunjukkan oleh nilai N-Gain rata-rata 0,70 (kategori tinggi). Peningkatan ini mengindikasikan mayoritas siswa beralih ke kategori minat belajar tinggi dan sangat tinggi. Dengan demikian, e-modul terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi pengetahuan dasar pemetaan. Kata kunci: pengembangan, e-modul pengetahuan dasar pemetaan, minat belajar This research is motivated by the need for teaching materials that present a complete and structured description of the material in the Basic Knowledge of Mapping material based on the Learning Objectives (TP) of the Merdeka Curriculum for Geography class X MAN 1 Bandar Lampung. Students are considered more interested in teaching materials with attractive and attractive displays to be used as learning resources. This study aims to develop a validated and feasible Heyzine Flipbook-based mapping basic knowledge e-module, and test its effectiveness in increasing student learning interest. This research (R&D) used the 4D Development Model (Define, Design, Develop and Disseminate) by Thiagarajan et al, (1974). To test the effectiveness of e-modules, a pre-experimental design with One-Group Pretest-Posttest Design was used. The research subjects were 22 students of class X.11 MAN 1 Bandar Lampung. Data were collected through questionnaire of learning interest (pretest and posttest) and analyzed using Normalized Gain (N- Gain) calculation. The results showed that the e-module of basic mapping knowledge based on Heyzine Flipbook was declared very feasible to use as teaching material. The developed e-module was validated by material experts (92%), learning design experts (90.90%), linguists (80%), assessment by teachers (94.43%), with an overall average of e-modules (89.33%) which is very good criteria and feasible to use. Student response test results (95.09%) with very good criteria. From the aspect of learning interest, before the use of e-modules, students' learning interest was dominated by the low category (54.55%) & sufficient (45.45%), after the use of e-modules, there was a significant increase in learning interest, indicated by the average N-Gain value of 0.70 (high category). This increase indicates that the majority of students shifted to the high and very high learning interest categories. Thus, e-modules are proven to be able to increase student learning interest in basic mapping knowledge material. Keywords: development, e-module basic knowledge of mapping, learning interest
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:59 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 02:59 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93045 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
