Shanty , Okta Andelia (2025) ANALISIS STRATEGI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Shanty Okta Andelia.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Shanty Okta Andelia.pdf Restricted to Hanya staf Download (2149Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Shanty Okta Andelia.pdf Download (1374Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan yang ditemukan ketika mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pendidik masih kesulitan dalam menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan karakter mandiri pada peserta didik saat penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pendidik dalam mengembangkan karakter mandiri melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) khususnya di SD Negeri 01 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) telah berjalan secara terstruktur dan memberikan dampak positif dalam membentuk karakter mandiri pada peserta didik. Para pendidik di SD Negeri 1 Metro Utara berperan sebagai pendamping dan motivator yang selalu membimbing Peserta Didik sesuai kebutuhan masing-masing. Untuk strategi yang khusus pendidik belum menerapkan tetapi proses pembelajaran dilakukan secara bertahap dan variatif agar Peserta Didik aktif dan tidak merasa bosan ketika kegiatan atau pembelajaran sehingga dapat menumbuhkan sikap mandiri pada peserta didik. Kata kunci : karakter mandiri, projek penguatan profil pelajar pancasila, strategi pendidik, sekolah dasar. The problems found when implementing the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) educators still have difficulty in determining the right strategy to develop independent character in students when implementing the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5). This study aimed to find out how the educator's strategy in developing independent character through the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5), especially at SD Negeri 01 Metro Utara. This research used a qualitative approach with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The results of the research conducted show that the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) has been running in a structured manner and has a positive impact in shaping independent character in students. Educators at SD Negeri 1 Metro Utara act as companions and motivators who always guide students according to their individual needs. For specific strategies, educators have not implemented but the learning process was carried out gradually and varied so that students are active and do not feel bored during activities or learning so that they can foster an independent attitude in students. Keywords: independent character, pancasila student profile strengthening project, educator strategy, elementary school.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 03:20 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 03:20 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93055 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
