PENGEMBANGAN FRONTEND APLIKASI MOBILE MENGGUNAKAN FLUTTER DENGAN PENDEKATAN AGILE (STUDI KASUS : PT. TELKOM WITEL LAMPUNG )

Alda , Larasati (2025) PENGEMBANGAN FRONTEND APLIKASI MOBILE MENGGUNAKAN FLUTTER DENGAN PENDEKATAN AGILE (STUDI KASUS : PT. TELKOM WITEL LAMPUNG ). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Skripsi_AldaLarasati_2115061022-3-4 - Alda Larasati.pdf

Download (231Kb) | Preview
[img] File PDF
full tanpa lampiran - Alda Larasati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
full tanpa lampiran_removed - Alda Larasati.pdf

Download (1786Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

PT. Telkom Witel Lampung masih mengelola data tamu secara manual, sehingga menimbulkan kendala efisiensi, akurasi, dan analisis data. Sebagai solusi, dilakukan perancangan frontend aplikasi mobile TAMU menggunakan Flutter dengan pendekatan Agile berdasarkan desain UI/UX yang telah dikembangkan sebelumnya. Proses pengembangan berlangsung selama 784 jam dengan waktu efektif rata-rata 4 jam per hari, dimulai dari tahap Analyze Requirements, Design, Development, Testing, Deployment, dan Updating, serta mencakup tiga siklus iterasi: pertama fokus pada design, kedua pada development, dan iterasi ketiga pada testing, deployment, serta updating. Aplikasi terdiri dari 13 fitur dan diuji melalui metode White Box terhadap 12 skenario dengan hasil 100% berhasil tanpa kesalahan logika. Evaluasi pengalaman pengguna dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire terhadap 10 responden, menunjukkan predikat “excelent” pada skala kejelasan (2,15), ketepatan (1,85), stimulasi (2,40), dan kebaruan (1,93), serta predikat “good” pada skala daya tarik (2,08) dan efisiensi (1,78). Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi TAMU memberikan pengalaman pengguna yang positif dan layak dikembangkan menjadi sistem mobile terintegrasi. Kata Kunci: Agile, Aplikasi Mobile, Frontend, Flutter, User Experience, User Experience Questionnaire, dan White Box Testing PT. Telkom Witel Lampung still manages guest data manually, resulting in challenges related to efficiency, accuracy, and data analysis. To address this issue, the frontend of the TAMU mobile application was designed using Flutter and an Agile development approach, based on a previously developed UI/UX design. The development process spanned 784 hours with an average effective working time of 4 hours per day, starting from the Analyze Requirements, Design, Development, Testing, Deployment, and Updating, and includes three iteration cycles: the first focusing on design, the second on development, and third on testing, deployment, and updating. The application comprises 13 features and was tested using the White Box method across 12 scenarios, achieving a 100% success rate without logical errors. User experience was evaluated using the User Experience Questionnaire (UEQ) involving 10 respondents. The results showed “excellent” ratings for clarity (2,15), accuracy (1,85), stimulation (2,40), and novelty (1,93), and “good” ratings for attractiveness (2.08) and efficiency (1,78). These findings indicate that TAMU provides a positive user experience and has strong potential for further developments as an integrated mobile system. Keywords: Agile, Flutter, Frontend, Mobile Application, User Experience, User Experience Questionnaire, and White Box Testing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS TEKNIK (FT) > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:41
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93068

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir