POLA DAN JARINGAN KOMUNIKASI KOPERASI UNIT DESA (KUD) KRIDA SEJAHTERA TULANG BAWANG LAMPUNG DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS ANGGOTA

ANNISA , GHINA ISTIGHFARANY (2025) POLA DAN JARINGAN KOMUNIKASI KOPERASI UNIT DESA (KUD) KRIDA SEJAHTERA TULANG BAWANG LAMPUNG DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS ANGGOTA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - ANNISA GHINA ISTIGHFARANY .pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL - ANNISA GHINA ISTIGHFARANY .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2609Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - ANNISA GHINA ISTIGHFARANY .pdf

Download (1897Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Program kesejahteraan masyarakat yang diupayakan oleh pemerintah, salah satunya yaitu koperasi. Koperasi menjadi badan usaha sekaligus gerakan ekonomi yang dilakukan oleh rakyat, baik dalam kepentingan pribadi maupun kelompok. Koperasi Unit Desa (KUD) Krida Sejahtera Tulang Bawang-Lampung merupakan koperasi serba usaha yang berperan dalam pengelolaan perkebunan plasma sawit dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola dan jaringan komunikasi yang terbentuk pada Koperasi Unit Desa (KUD) Krida Sejahtera Tulang Bawang Lampung dalam mempertahankan loyalitas anggota. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta analisis jaringan komunikasi menggunakan perangkat lunak UCINET. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terbentuk di KUD meliputi komunikasi vertikal, horizontal, satu arah, dua arah, multi arah, serta berlangsung dalam jalur formal dan informal. Pola ini menciptakan ruang interaksi yang partisipatif antara pengurus dan anggota. Jaringan komunikasi yang terbentuk menunjukkan tingkat kepadatan tinggi (density 0.94), yang menandakan hubungan antar actor merata dan minim isolasi aktor, serta munculnya aktor-aktor sentral yang berperan sebagai penghubung informasi. Keterkaitan antara komunikasi dan loyalitas anggota dianalisis menggunakan teori Zikmund, yang meliputi lima faktor: kepuasan, ikatan emosional, kepercayaan, kemudahan, dan pengalaman. Seluruh faktor ini tercermin dalam pola dan jaringan komunikasi yang ada. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola dan jaringan komunikasi yang efektif berperan strategis dalam membentuk loyalitas anggota koperasi secara berkelanjutan. Kata Kunci : Jaringan Komunikasi, Koperasi Unit Desa, Loyalitas Anggota, Pola Komunikasi One of the community welfare programmes pursued by the government is cooperatives. Cooperatives are business entities as well as economic movements carried out by the people, both in personal and group interests. Krida Sejahtera Village Unit Cooperative (KUD) Tulang Bawang-Lampung is an all-business cooperative that plays a role in the management of oil palm plasma plantations and economic empowerment of village communities. This study aims to analyse the pattern and network of communication formed in the Village Unit Cooperative (KUD) Krida Sejahtera Tulang Bawang Lampung in maintaining member loyalty. The research method used is a descriptive qualitative approach with a constructivist paradigm. Data collection techniques through observation, interviews, documentation, and analysis of communication networks using UCINET software. The results showed that the communication patterns formed in KUD include vertical communication, horizontal, one-way, two-way, multi-directional, and takes place in formal and informal channels. This pattern creates a participatory interaction space between administrators and members. The communication network that is formed shows a high level of density (density 0.94), which indicates that the relationship between actors is evenly distributed and there is minimal isolation of actors, as well as the emergence of central actors who act as information connectors. The relationship between communication and member loyalty was analyzed using Zikmund's theory, which includes five factors: satisfaction, emotional ties, trust, convenience, and experience. All of these factors are reflected in existing communication patterns and networks. This study concludes that effective communication patterns and networks play a strategic role in shaping the loyalty of cooperative members in a sustainable manner. Keywords: Communication Network, Village Unit Cooperative, Member Loyalty, Communication Pattern.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S2-Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:56
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93076

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir