FAKTOR-FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN ASSESMENT AUTHENTIC PADA PEMBELAJARAN PPKN DI MTS SEKECAMATAN BATANGHARI NUBAN

Fatkhan, Afiful Akbar (2025) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN ASSESMENT AUTHENTIC PADA PEMBELAJARAN PPKN DI MTS SEKECAMATAN BATANGHARI NUBAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Fatkhan Afiful Akbar.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Fatkhan Afiful Akbar.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1910Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Fatkhan Afiful Akbar.pdf

Download (1337Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan penilaian autentik (Assessment Authentic) sebagai upaya untuk mengukur kemampuan peserta didik secara menyeluruh, tidak hanya aspek kognitif, tetapi juga keterampilan dan sikap dalam konteks dunia nyata. Akan tetapi, di MTs se-Kecamatan Batanghari Nuban, guru masih menghadapi berbagai kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik, sehingga topik ini diangkat untuk dianalisis lebih mendalam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teknik pengolahan data triangulasi data; (1) observasi non partisipan (2) wawancara semi terstruktur dan terstruktur (3) analisis dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor- faktor kesulitan guru dalam menerapkan Assessment Authentic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur, observasi pembelajaran, dan dokumentasi perangkat serta instrumen penilaian. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan empat faktor utama yang menjadi kendala guru, yaitu: (1) kesulitan menyusun instrumen penilaian yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, (2) kesulitan menentukan bentuk tugas yang relevan dan menarik, (3) keterbatasan waktu dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian autentik, serta (4) respon peserta didik yang kurang interaktif dan cenderung pasif terhadap tugas autentik. Faktor-faktor ini menjadi tantangan yang perlu diatasi agar penerapan Assessment Authentic dapat berjalan optimal. Kata Kunci: Assesment Authentic, Kesulitan Guru, Pembelajaran PKn, Penilaian This research is motivated by the importance of implementing authentic assessment as an effort to measure students' abilities comprehensively, not only cognitive aspects but also skills and attitudes in real-world contexts. However, in MTs (Islamic junior high school) throughout Batanghari Nuban District, teachers still face various obstacles in implementing authentic assessment, thus raising this topic for further analysis. The method used in this research is a qualitative research method with a descriptive approach using data triangulation data processing techniques; (1) non-participant observation (2) semi-structured and structured interviews (3) documentation analysis. The purpose of this study was to identify and analyze factors that contribute to teachers' difficulties in implementing authentic assessment. This study used a qualitative descriptive approach, with data collection techniques including semi-structured interviews, lesson observations, and documentation of assessment tools and instruments. Data analysis was conducted through the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results revealed four main factors that hinder teachers: (1) difficulty developing assessment instruments appropriate to student characteristics, (2) difficulty determining relevant and engaging assignments, (3) limited time in planning and implementing authentic assessments, and (4) students' less interactive and passive responses to authentic assignments. These factors are challenges that need to be overcome so that the implementation of Authentic Assessment can run optimally. Keywords: Authentic Assessment, Civics Learning, Teacher Difficulties, Assessment

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:00
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93078

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir