ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

SILFANI, - (2025) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Silfani.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Silfani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1217Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi TANPA BAB PEMBAHASAN - Silfani.pdf

Download (1272Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah dampak penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas iv sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat dampak penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas iv sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi berlandaskan positivistic. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Way Kandis, SD Negeri 2 Perumnas Way Kandis dan SD Negeri 3 Perumnas Way Kandis, yang berjumlah 187 orang. dan sampel penelitian sebanyak 65. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian angket dampak penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter. Data dianalisis menggunakan untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua diuji dengan rumus korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada dampak penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas iv sekolah dasar ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,706 berada pada taraf “Kuat”. Kata Kunci: dampak gadget, pembentukan karakter The problem of this research was the impact of gadget use on the character development of grade IV elementary school students. The purpose of this study was to determine whether there was an impact of gadget use on the character development of grade IV elementary school students. The type of research used in this study was quantitative research. The research method used positivistic-based correlation. The population in this study were grade IV students of SD Negeri 1 Way Kandis, SD Negeri 2 Perumnas Way Kandis and SD Negeri 3 Perumnas Way Kandis, totaling 187 people. and the research sample were 65. The data collection technique was the provision of impact of gadget use on the character. The data were analyzed using the product moment correlation formula for testing the first and second hypotheses. The results of the analysis showed that there was an impact of gadget use on the character development of grade IV elementary school students indicated by a correlation coefficient of 0.706 at the "High" level. Keywords: impact of gadgets, character development

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:06
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93081

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir