PENGARUH PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SIDODADI

Anggita , Sari (2025) PENGARUH PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SIDODADI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - anggita sari.pdf

Download (246Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - anggita sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - anggita sari.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik karena belum diterapkan pendekatan RME. Dalam pendekatan RME ini menekankan akan pentingnya konteks nyata yang dikenal peserta didik dan proses konstruksi pengetahuan matematika oleh peserta didik sendiri sehingga konsep yang diterima peserta didik lebih.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran RME terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control gruop design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling sebanyak 45 peserta didik. Populasi penelitian ini sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil Ftabel < Fhitung 4,38 <14.183,dan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran RME terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri 1 Sidodadi. Kata kunci: Hasil belajar matematika, RME The background of the problem in this research was the low learning outcomes of students because the RME approach had not been applied. The Realistic Mathematics Education (RME) approach emphasized the importance of real-life contexts familiar to students and the process of knowledge construction by the students themselves, allowing them to better understand mathematical concepts. The purpose of this study was to determine the effect of the RME learning approach on students’ learning outcomes. The method used was a quasi- experimental method with a non-equivalent control group design. The sampling technique used in this study was total sampling, involving 45 students. The study population consisted of 45 students. Data collection techniques included tests and non-test instruments in the form of observation sheets. The hypothesis was tested using simple linear regression, with the result Ftable < Fcount (4.38 < 14.183) and a significance value of 0.000 < 0.05, indicating that there was a significant effect of the RME learning approach on the learning outcomes of fifth-grade students in Mathematics at SD Negeri 1 Sidodadi. Keywords: Mathematic learning outcomes, RME

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:18
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93084

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir