DIAN , ANANTA ISROVI (2025) PENGARUH E-LKPD BERBASIS RADEC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 SEGALAMIDER. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Dian Ananta Isrovi.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Dian Ananta Isrovi.pdf Restricted to Hanya staf Download (1995Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN (2) - Dian Ananta Isrovi.pdf Download (1795Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Segalamider dan belum menggunakan media pembelajaran yang variatif yaitu media E-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media E-LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability dengan jenis purposive sampling. Populasi berjumlah 112 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu 56 peserta didik di kelas IV A dan IV B, sampel ditentukan dengan teknik sampling non probability sampling. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis RADEC berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Segalamider. Kata Kunci: berpikir kritis, E-LKPD, media pembelajaran, RADEC The problem in this study is the low level of critical thinking skills of fourth grade students of SD Negeri 1 Segalamider and has not used a varied learning media, namely E-LKPD media. This study aims to determine the influence of E-LKPD media on critical thinking skills in IPAS learning for students. The method used in this research is quasi experimental design with non-equivalent control group design. This study used non-probability sampling technique with purposive sampling type. The population amounted to 112 students and the sample used was 56 students in class IV A and IV B, the sample was determined by non probability sampling technique. Data were analyzed by simple linear regression test. The results of this study indicate that RADEC based E-LKPD is effective in improving critical thinking skills in IPAS learning for fourth grade students of SD Negeri 1 Segalamider. Keywords : critical thinking, E-LKPD, learning media, RADEC
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 04:30 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 04:30 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93090 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
