Nora Wyrentia Suhaili, - (2025) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Nora Wyrentia Suhaili - Abstrak.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Nora Wyrentia Suhaili - File Fulll.pdf Restricted to Hanya staf Download (2173Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Nora Wyrentia Suhaili 2 - File Tanpa Bab Pembahasan.pdf Download (1743Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas III SDN Tulung Buyut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Metode penelitian ini adalah ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh, sehingga seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas III SDN Tulung Buyut tahun pelajaran 2024/2025. Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran ipas, kemandirian belajar. The problem of this research is the low learning outcomes of IPAS (Integrated Social and Natural Sciences) for third-grade students at SDN Tulung Buyut. This study aims to determine the positive and significant effect of self managed learningon IPAS learning outcomes. The research method used is ex post facto with a quantitative research design. Data collection techniques involve questionnaires and documentation studies. The population in this study consists of 39 students. The sampling technique used is non-probability sampling with saturated sampling, where the entire population is used as the research sample. The data collection instrument is a questionnaire with a Likert scale, which was tested for validity and reliability. Data analysis was conducted using simple linear regression. The results of the study indicate that there is a significant effect of self managed learningon IPAS learning outcomes for the students of SDN Tulung Buyut in the 2024/2025 academic year. Keywords: learning outcomes, IPAS learning, Self-Managed learning.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 04:45 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 04:45 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93093 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
