HUBUNGAN PEMAHAMAN MEMBACA TERHADAP PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V

MIFTAHU , RAHMAN (2025) HUBUNGAN PEMAHAMAN MEMBACA TERHADAP PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Skripsi_Miftahu Rahman.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Bab_Miftahu Rahman.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1768Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan_Miftahu Rahman.pdf

Download (1615Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang disebabkan oleh rendahnya pemahaman membaca peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pemahaman membaca dan pemecahan soal cerita matematika peserta didik kelas V SD N 5 Metro pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD N 5 Metro Pusat yang berjumlah 55 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa angket pemahaman membaca dan tes pemecahan soal cerita matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman membaca terhadap pemecahan soal cerita matematika peserta didik kelas V SD N 5 Metro pusat dengan kategori rendah. Kata Kunci: matematika, pemahaman membaca, soal cerita The problem in this study was based on the low ability of students to solve mathematical word problems, which was caused by their poor reading comprehension. The purpose of this study was to determine the relationship between reading comprehension and the ability to solve mathematical word problems among fifth-grade students at SD N 5 Metro Pusat. This study used a quantitative approach with a correlational method. The population in this study consisted of all fifth-grade students at SD N 5 Metro Pusat, totaling 55 students. The sampling technique used total sampling. The data collection techniques included a reading comprehension questionnaire and a mathematical word problem-solving test. The results of the study showed a significant positive relationship between reading comprehension and mathematical word problem- solving ability among the fifth-grade students at SD N 5 Metro Pusat, with a low correlation category. Keywords: mathematics, reading comprehension, word problem

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:19
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 08:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93136

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir