THE USE OF TASK MANIPULATED ALONG INTO THE MANIPULATION OF TASK COMPLEXITY IN SPOKEN LANGUAGE PRODUCTION BY HIGH AND LOW LEVELS OF INDONESIAN EFL LEARNERS

Aulia , Fitri Ramadhani (2025) THE USE OF TASK MANIPULATED ALONG INTO THE MANIPULATION OF TASK COMPLEXITY IN SPOKEN LANGUAGE PRODUCTION BY HIGH AND LOW LEVELS OF INDONESIAN EFL LEARNERS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (2) - Aulia Fitri Ramadhani.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] File PDF
THESIS FULL AULIA (2) - Aulia Fitri Ramadhani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1442Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
THESIS TANPA BAB PEMBAHASAN AULIA (3) - Aulia Fitri Ramadhani.pdf

Download (1256Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk (i) menyelidiki apakah terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik dalam produksi bahasa lisan siswa dalam hal kompleksitas, akurasi, dan kefasihan (CAF) yang dihasilkan dari dua tugas yang berbeda oleh siswa berkemampuan rendah dan tinggi, (ii) apakah terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik dalam CAF yang dihasilkan dari dua tugas yang berbeda oleh siswa berkemampuan rendah, dan (iii) apakah terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik dalam CAF yang dihasilkan dari dua tugas yang berbeda oleh siswa berkemampuan tinggi. Penelitian ini menggunakan desain repeated measures, dengan fokus pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Penelitian ini melibatkan 31 siswa yang dikelompokkan secara purposif ke dalam kategori kemampuan tinggi dan rendah, serta dinilai menggunakan dua tugas berbicara yang memiliki tingkat kompleksitas berbeda. Performa lisan siswa diukur dengan menggunakan indikator Kompleksitas, Akurasi, dan Kefasihan (CAF). Data dianalisis menggunakan Two-Way ANOVA dan Paired Samples T-Test. (i) Hasil Two- Way ANOVA menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik pada tingkat kemampuan dan kompleksitas tugas, serta adanya interaksi yang signifikan antara keduanya (F = 5.784, p = 0.019), yang menunjukkan bahwa kompleksitas tugas memengaruhi siswa secara berbeda berdasarkan tingkat kemampuan mereka. (ii) Hasil uji Paired Samples T-Test menunjukkan bahwa siswa berkemampuan rendah mengalami peningkatan signifikan dalam kompleksitas (p = 0.019), namun mengalami penurunan signifikan dalam akurasi (p = 0.009) dan kefasihan (p < 0.001). (iii) Bagi siswa berkemampuan tinggi, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan dalam kompleksitas (p = 0.797) dan akurasi (p = 0.417), namun kefasihan mengalami penurunan yang signifikan (p = 0.037). Temuan ini menunjukkan bahwa kompleksitas tugas memengaruhi performa berbicara dan berinteraksi secara berbeda tergantung pada tingkat kemampuan siswa. Kata Kunci: CAF, Tingkat Kemampuan, Produksi Lisan, TBLT, Kompleksitas Tugas This research aimed to (i) investigate whether or not there were any statistically significant differences of students’ spoken language production in terms of complexity, accuracy, and fluency (CAF) generated from two different tasks by low and high level students, (ii) there were statistically significant differences of CAF generated from two different tasks by low level students, and (iii) there were statistically significant differences of CAF generated from two different tasks by high level students. This research employed a repeated measures design, focusing on eleventh grade students at SMA N 9 Bandar Lampung. The research involved 31 students, purposively grouped into high and low proficiency categories, and assessed using two speaking tasks differing in complexity. Students’ spoken performance was measured using Complexity, Accuracy, and Fluency (CAF) indicators. The data were analyzed using Two-Way ANOVA and Paired Samples T-Test. (i) The Two-Way ANOVA revealed a statistically significant differences of proficiency level and task complexity, and also a significant interaction between the two (F = 5.784, p = 0.019), showing that task complexity impacted students differently based on proficiency. (ii) Paired samples t-tests showed that low proficiency students experienced a significant increase in complexity (p = 0.019), but significant decreases in accuracy (p = 0.009) and fluency (p < 0.001). (iii) For high proficiency students, no significant differences were found in complexity (p = 0.797) and accuracy (p = 0.417), while fluency significantly decreased (p = 0.037). These findings suggest that task complexity affects spoken performance and interacts with students’ proficiency

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:28
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93140

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir