Indah , Puspitasari (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI BERMUATAN NATURE OF SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_INDAH PUSPITASARI 2113023041 - indah puspitasarii.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_ INDAH PUSPITASARI 2113023041 - indah puspitasarii.pdf Restricted to Hanya staf Download (3899Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN INDAH PUSPITASARI 2113023041 - indah puspitasarii.pdf Download (1844Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri bermuatan nature of science (NoS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI M 1 sampai XI M 6 di SMA N 5 Metro. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design, dengan teknik cluster random sampling didapatkan sampel dalam penelitian ini adalah XI M 5 sebagai kelas eksperimen dan XI M 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes KPS dan non-tes berupa lembar keterlaksanaan model dan aktivitas peserta didik. Perbedaan perlakuan terjadi dalam proses pembelajaran, di mana kelas eksperimen menggunakan pembelajaran inkuiri bermuatan NoS sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata dengan uji independent sample t-test dan uji effect size terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran inkuiri bermuatan NoS sebesar 0,71 lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain kelas kontrol yang menggunakan pembela- jaran konvensional yaitu sebesar 0,55. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri bermuatan NoS efektif untuk meningkatkan KPS peserta didik pada materi larutan penyangga dan hasil pengujian effect size menunjukkan 0,97 atau dengan kata lain 97% peningkatan KPS dipengaruhi oleh model pembelajaran bermuatan NoS pada materi larutan penyangga dengan kriteria besar. Kata kunci: keterampilan proses sains, larutan penyangga, Nature of Science, pembelajaran inkuiri ABSTRACT This study aims to describe the effectiveness of the nature of science (NoS) content inquiry learning model to improve science process skills in buffer solution materials. The population in this study is all students in grades XI M 1 to XI M 6 at SMA N 5 Metro. This research method uses quasi-experiment with non equivalent control group design, with cluster random sampling technique obtain- ed samples in this study are XI M 5 as the experimental class and XI M 4 as the control class. The instruments in this study are KPS and non-test test questions in the form of model implementation sheets and student activities. The difference in treatment occurred in the learning process, where the experimental class used inquiry learning with NoS content while the control class used conventional learning. The data analysis techniques used were an average difference test with an independent sample t-test and an effect size test on students' science process skills. The results showed that the average n-Gain value of the experimental class using NoS-charged inquiry learning of 0.71 was higher than the average n- Gain of the control class using conventional defense, which was 0.55. This shows that the inquiry learning model with NoS content is effective in increasing students' KPS on buffer solution material and the effect size test results show 0.97 or in other words 97% of the increase in KPS is influenced by the NoS- loaded learning model on buffer solution material with large criteria. Keywords: buffer solutions inquiry learning, Nature of Science, science process skills
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:45 |
| Terakhir diubah: | 13 Nov 2025 01:45 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93166 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
