ANALISIS ASPEK NOS (NATURE OF SCIENCE) DAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS) PADA BUKU BIOLOGI SMA KURIKULUM MERDEKA FASE E

AULIA , LAILA SAFITRI (2025) ANALISIS ASPEK NOS (NATURE OF SCIENCE) DAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS) PADA BUKU BIOLOGI SMA KURIKULUM MERDEKA FASE E. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-AULIA LAILA SAFITRI - Aulia Laila Safitri.pdf

Download (296Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL-AULIA LAILA SAFITRI - Aulia Laila Safitri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3468Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI -AULIA LAILA SAFITRI (Tanpa Bab Pembahasan) - Aulia Laila Safitri.pdf

Download (2622Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat aspek NOS dan STEM pada Buku Ajar Biologi SMA Kurikulum Merdeka Fase E. Sampel penelitian adalah 3 buku ajar yang dipilih secara purposive sampling yakni dirujuk dari perolehan hasil angket survei pendidik SMA di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif menggunakan rumus persentase dan dideskripsikan berdasarkan tingkat kategori. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat aspek NOS pada ketiga buku ajar tergolong „Cukup Baik‟ dengan persentase buku A sebesar 42,2%, buku B sebesar 43,9%, dan buku C sebesar 41,9%. Kemudian rata-rata tingkat aspek STEM pada ketiga buku tergolong „Buruk‟ dengan buku A sebesar 32,8%, buku B sebesar 24,8%, dan buku C sebesar 30,5%. Dari penelitian ini menunjukkan perlunya peningkatkan muatan aspek NOS dan STEM pada buku ajar Biologi Kurikulum Merdeka Fase E untuk mendukung proses pembelajaran dengan peserta didik. Kata kunci: buku ajar, NOS, STEM This research aims to analyze the levels of the Nature of Science (NOS) and STEM aspects in the Merdeka Curriculum Phase E High School Biology textbooks. The samples chosen for this study were three textbooks selected through purposive sampling, referring to the results obtained from a survey of high school educators in Bandar Lampung City. This study employs a simple descriptive research design. The data consists of qualitative and quantitative information. Data collection was conducted using documentation techniques. Data analysis utilized descriptive statistical techniques with percentage formulas and was described based on categorical levels. The results indicate that the average level of the NOS aspects in the three textbooks is categorized as 'Adequate', with Book A at 42.2%, Book B at 43.9%, and Book C at 41.9%. Meanwhile, the average level of the STEM aspects in the three textbooks is categorized as 'Poor', with Book A at 32.8%, Book B at 24.8%, and Book C at 30.5%. This study highlights the need to improve the integration of NOS and STEM aspects in the Merdeka Curriculum Phase E Biology textbooks to support the learning process with students. Key words: NOS, STEM, textbooks

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 13 Nov 2025 01:55
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 01:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93167

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir