Faida , Salsabila (2025) STUDI PERB AND INGAN HA SI L BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DITINJAU DARIMINATBELAJARSISWAKELASXSMAPERINTIS1 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Faida Salsabila.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL FAIDA - Faida Salsabila.pdf Restricted to Hanya staf Download (1936Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN Faida - Faida Salsabila.pdf Download (1623Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi, perbedaan minat belajar, serta kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perbedaan hasil belajar ekonomi antara model Simulasi dan Bermain Peran ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif dan desain faktorial 2x2. Sampel berjumlah 60 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji ANOVA dua jalan dan Uji t-test dua sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Simulasi dan Bermain Peran; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi berdasarkan tingkat minat belajar rendah; 3) Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Simulasi lebih tinggi dibandingkan model Bermain Peran pada siswa yang minat belajarnya tinggi; 4) Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Simulasi lebih tinggi dibandingkan model Bermain Peran pada siswa yang minat belajarnya rendah; 5) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Kata Kunci :Hasil Belajar, Minat Belajar, Model Pembelajaran, Bermain peran, Simulasi. This study investigates the impact of two instructional models Simulation and Role Playing on economics learning outcomes in relation to students’ learning interest. The research was motivated by consistently low economics achievement, heterogeneous student interest levels, and limited instructional variety. A comparative experimental design with a 2×2 factorial structure was applied, involving 60 randomly selected students. Data were gathered via interviews, observations, documentation, questionnaires, and tests. Two-way ANOVA and independent-samples t-tests were used to test the hypotheses. Results indicated that (a) learning outcomes differ significantly between the Simulation and Role Playing models, (b) learning interest significantly affects outcomes for students with low interest, (c) high-interest students achieved better results under the Simulation model than under Role Playing, (d) similarly, low-interest students performed better with Simulation, and (e) a significant interaction exists between instructional model and interest level affecting learning outcomes. These findings suggest that the Simulation model enhances economics achievement across varying interest levels. Further research should explore long-term retention and the applicability of these models in other subjects. Keywords: Economics Learning Outcomes, Learning Interest, Instructional Models, Role Playing, Simulation.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:48 |
| Terakhir diubah: | 13 Nov 2025 01:48 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93168 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
