PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG

MEILIN , PUSPITA SARI (2025) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - MEILIN PUSPITA SARI.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - MEILIN PUSPITA SARI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3330Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN - MEILIN PUSPITA SARI.pdf

Download (2654Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi di SMP PGRI 6 Bandar Lampung, dimana terdapat hasil belajar IPS Terpadu dan minat belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti ada/tidak perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Make A Match serta interaksi antara model pembelajaram dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif dengan desain factorial 2x2. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh yang berjumlah 53 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan T-Test Dua Sampel Independen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Make A Match, terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa minat belajar tinggi dan rendah, rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan Make A Match pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah, serta tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS Terpadu, Make A Match, Minat Belajar Siswa, Numbered Head Together (NHT) This research is motivated by the problems that occurred at SMP PGRI 6 Bandar Lampung, where the results of Integrated Social Studies learning and students' learning interests were still low.This study aims to examine whether or not there are differences in students’ Integrated Social Studies learning outcomes whose learning uses the Numbered Head Together (NHT) and Make A Match learning models and the interaction between learning models and learning interests on Integrated Social Studies learning outcomes. The research method was conducted using an experimental method with a comparative approach with a 2x2 factorial design. The sampling technique used was a saturated sample of 53 students. Data collection used observation, interviews, documentation, tests, and questionnaires. Hypothesis testing used Two-Way ANOVA and Two Independent Sample T-Test. The results of this study prove that there are differences in the learning outcomes of Integrated Social Studies students whose learning uses the Numbered Head Together (NHT) learning model with Make A Match, there are differences in the learning outcomes of Integrated Social Studies between students with high and low learning interests, the average learning outcomes of Integrated Social Studies using the Numbered Head Together (NHT) model are higher than those whose learning uses Make A Match for students with high and low learning interests, and there is no interaction between the learning model and learning interest on the learning outcomes of Integrated Social Studies. Keywords: Integrated Social Studies Learning Outcomes, Make A Match, Numbered Head Together (NHT), Student Learning Interest

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:01
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 02:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93174

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir