PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI LKPD BERBASIS MODEL PBL

Oni , Maya Rani (2025) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI LKPD BERBASIS MODEL PBL. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ONI MAYA RANI 2323021006 abstrak - oni maya rani.pdf

Download (250Kb) | Preview
[img] File PDF
ONI MAYA RANI 2323021006 TESIS FULL TANPA LAMPIRAN - oni maya rani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3631Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
ONI MAYA RANI 2323021006 TANPA PEMBAHASAN - oni maya rani.pdf

Download (3187Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik melalui LKPD berbasis model PBL. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 3 Blambangan Umpu Tahun Ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penilaian validitas LKPD oleh ahli dengan skor rata-rata 0,79, sedangkan kepraktisannya berdasarkan tanggapan guru dan siswa mencapai skor rata-rata 0,9. Uji efektivitas menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (78,8) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol (54,4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berkembang melalui LKPD berbasis model PBL. Peserta didik yang awalnya berada pada kategori “Belum Berkembang” menjadi “Berkembang Sangat Baik”. Dengan demikian, Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik terbukti dapat mengalami perkembangan melalui penggunaan LKPD berbasis model PBL yang telah dikembangkan secara valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Model PBL, Peserta didik This research aims to determine the results of developing students' mathematical problem-solving abilities through PBL-based worksheets. The method used is the ADDIE development model, with the research subjects being eleventh-grade students of SMA Negeri 3 Blambangan Umpu for the 2024/2025 academic year. Data was collected through interviews, questionnaires, and tests of mathematical problem-solving abilities. The validity assessment of the worksheet by experts had an average score of 0,79, while its practicality based on the responses of teachers and students reached an average score of 0,9. The effectiveness test using the t-test showed that the average score of the experimental class (78,8) was significantly higher than that of the control class (54,4). The research results show that students' mathematical problem-solving abilities develop through PBL-based worksheets. Students who were initially in the 'Not Developed' category moved to 'Very Well Developed'. Thus, students' mathematical problem-solving abilities have been proven to develop through the use of valid, practical, and effective PBL-based worksheets that have been developed. Keywords: Problem Solving, Problem-Based Learning Model, Students

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:02
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 02:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93175

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir