HARTATI MUKTI, - (2025) ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM AKTIVITAS KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Hartati Mukti.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_HARTATI MUKTI - Hartati Mukti.pdf Restricted to Hanya staf Download (1766Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_HARTATI MUKTI - Hartati Mukti.pdf Download (2405Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menganalisis kecerdasan interpersonal dalam aktivitas kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV Sekolah Dasar. Kecerdasan interpersonal berperan penting dalam meningkatkan interaksi sosial dan efektivitas pembelajaran berbasis kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam komunikasi efektif, kerja sama, dan toleransi dalam aktivitas kelompok. Faktor-faktor yang memengaruhi kecerdasan interpersonal meliputi pola asuh, lingkungan sekolah, serta interaksi dengan teman sebaya. Berdasarkan temuan ini, strategi pembelajaran berbasis kolaborasi dan diskusi kelompok direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik dalam konteks Pendidikan Pancasila. Kata kunci: aktivitas kelompok, kecerdasan interpersonal, pendidikan pancasila, sekolah dasar. This study analyzes interpersonal intelligence in group activities in the Pancasila Education subject for fourth-grade elementary school students. Interpersonal intelligence plays a crucial role in improving social interactions and the effectiveness of group-based learning. This research employs a descriptive qualitative method with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results showed that some students experienced difficulties in effective communication. Factors that influence interpersonal intelligence include parenting styles, school environment, and peer interactions. Based on these findings, collaborative learning strategies and group discussions are recommended to improve students' social skills within in the context of Pancasila Education. Keywords: group activities, interpersonal intelligence, elementary school, pancasila education.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:33 |
| Terakhir diubah: | 13 Nov 2025 02:33 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93176 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
