PENGARUH PENGUNAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

LISMAWATI, DEWI (2025) PENGARUH PENGUNAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Lisma Wati.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Lisma Wati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2937Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Lisma Wati.pdf

Download (2424Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Yukum Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem-based learning berbasis LKPD terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Yukum Jaya tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 49 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 49 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model problem-based learning berbasis LKPD terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: hasil belajar IPAS, problem-based learning, LKPD, SD The problem addressed in this study was the low learning outcomes in IPAS among fourth-grade students at SD Negeri 2 Yukum Jaya. The aim of this study was to determine the effect of using the problem-based learning model based on student worksheets on students' IPAS learning outcomes. This research employed a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design and a quantitative approach. The population consisted of all fourth-grade students at SD Negeri 2 Yukum Jaya in the 2024/2025 academic year, totaling 49 students. The sampling technique used was saturated sampling, resulting in a sample of 49 students. Data were collected through tests and documentation. The results of this study indicated that the use of the problem-based learning model based on LKPD had a significant effect on the IPAS learning outcomes of fourth-grade elementary school students. Keywords: IPAS learning outcomes, problem-based learning, LKPD, elementary school

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:18
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93181

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir