PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI JARINGAN NIRKABEL TERHADAP PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI TKJ DI SMK 2 MEI BANDAR LAMPUNG

Adinda, Putri (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI JARINGAN NIRKABEL TERHADAP PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI TKJ DI SMK 2 MEI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Adinda Putri.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Adinda Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2598Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -Adinda Putri.pdf

Download (1630Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbantuan Augmented Reality (AR) terhadap peningkatan Self- efficacy siswa pada materi jaringan nirkabel. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK 2 Mei Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Instrumen penelitian berupa skala Likert Self-efficacy yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media AR. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Self-efficacy siswa yang signifikan setelah menggunakan media pembelajaran berbantuan AR. Rata-rata nilai pretest siswa adalah 79,92, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 94,07. Peningkatan ini dianalisis menggunakan perhitungan N-Gain sebesar 36,01%, yang tergolong dalam kategori sedang. Uji statistik Paired Sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest jika tingkat signifikansi < 0,05. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran berbantuan AR terbukti efektif dalam meningkatkan Self-efficacy siswa, khususnya dalam memahami materi yang bersifat teknis seperti jaringan nirkabel. Kata Kunci: Augmented Reality, media pembelajaran, jaringan nirkabel, Self- efficacy. This study aims to determine the effect of using Augmented Reality (AR)-assisted learning media on improving students' self-efficacy in wireless network material. The study was conducted on 11th grade Computer and Network Engineering (TKJ) students at SMK 2 Mei Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year. The method used in this study was a quantitative experiment employing a One Group Pretest-Posttest design. The research instrument consisted of a Likert Self- Efficacy Scale administered before and after learning using AR-assisted media. The results of the study indicated a significant increase in students' self-efficacy after using AR-assisted learning media. The average pretest score was 79.92, while the average posttest score increased to 94.07. This increase was analysed using an N-Gain calculation of 36.01%, which falls into the moderate category. The Paired Sample t-test statistical analysis indicated a significant difference between the pretest and posttest results at a significance level of <0.05. Thus, the use of AR-assisted learning media was proven effective in enhancing students' self-efficacy, particularly in understanding technical material such as wireless networks. Keyword: Augmented Reality, learning media, wireless networks, Self-efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:54
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93194

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir