Alwan Naufal Akmaluddin , - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY (ISC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_Alwan Naufal Akmaluddin.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FILE FULL_Alwan Naufal Akmaluddin.pdf Restricted to Hanya staf Download (2220Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
FILE TANPA BAB PEMBAHASAN_Alwan Naufal Akmaluddin.pdf Download (2903Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas IV di SD Negeri Taraman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inquiry Social Complexity (ISC) terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi berjumlah 40 dan sampel yang digunakan yaitu 20 peserta didik kelas IVA, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Inquiry Social Complexity (ISC) terhadap keterampilan menulis cerpen pada pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SD Negeri Taraman yang ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Kata kunci: keterampilan menulis cerpen, model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) The problem in this research is the low short story writing skills of fourth-grade students at SD Negeri Taraman. This study aims to analyze the effect of the Inquiry Social Complexity (ISC) learning model on the short story writing skills of elementary school students. Data collection techniques used tests. The research design used a Pre-Experimental Design with the One Group Pretest-Posttest Design type. The population consisted of 40 students, and the sample used was 20 fourth- grade students from class IVA, determined by purposive sampling technique. Data were analyzed using the t-test. The results of this study indicate a significant effect of the application of the Inquiry Social Complexity (ISC) learning model on the short story writing skills in Indonesian language learning of fourth-grade students at SD Negeri Taraman, as shown by the probability value of 0.000 < 0.05. Key words: short story writing skills, inquiry social complexity (ISC) learning model
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:53 |
| Terakhir diubah: | 13 Nov 2025 02:53 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93196 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
