PENGARUH PERMAINAN BISIK BERANTAI DAN TEBAK GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ROUDHOTUL MUTA’ALIMIN

Annisa , Oktafricili Yanti (2025) PENGARUH PERMAINAN BISIK BERANTAI DAN TEBAK GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ROUDHOTUL MUTA’ALIMIN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - 29_Annisa Oktafricili Yanti.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - 29_Annisa Oktafricili Yanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3586Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - 29_Annisa Oktafricili Yanti.pdf

Download (3443Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun, (2) pengaruh permainan tebak gambar terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun, dan (3) perbedaan pengaruh permainan bisik berantai dan tebak gambar terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain two group pretest and posttest. Populasi penelitian berjumlah 38 orang anak kelompok B, sampel berjumlah 38 orang menggunakan teknik sampling sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun, (2) terdapat pengaruh permainan tebak gambar terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun, dan (3) terdapat perbedaan pengaruh permainan bisik berantai dan tebak gambar terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci : kemampuan berbicara, bisik berantai, tebak gambar The problem in this study was the low speaking ability of children aged 5-6 years. The study aims to know (1) the effect of chain whispering games on the speaking ability of children aged 5-6 years, (2) the effect of picture guessing games on the speaking ability of children aged 5-6 years, and (3) the difference in the effect of whispering games chain and picture guessing on the speaking ability of children aged 5-6 years. The research method used a quasi-experiment with a two group pretest and posttest design. The study population amounted to 38 children in group B, the sample amounted to 38 people using the saturated sampling technique. Data collection technique is observation. The data analysis technique used the T test. The results of the study found that (1) there is an effect of whispering chain games on the speaking ability of children aged 5-6 years, (2) there is an effect of guessing pictures games on the speaking ability of children aged 5-6 years, and (3) there is a difference in the effect of whispering chain games and guessing pictures on the speaking ability of children aged 5-6 years. Keywords: ability to speak, whisper chain, guess the picture

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:17
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93205

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir