PENGARUH STRATEGIC MANAGEMENT ACCOUNTING INFORMATION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA RUMAH SAKIT DI PROVINSI LAMPUNG DENGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Hafizh , Billy Anisman (2025) PENGARUH STRATEGIC MANAGEMENT ACCOUNTING INFORMATION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA RUMAH SAKIT DI PROVINSI LAMPUNG DENGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Hafizh Billy Anisman.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Hafizh Billy Anisman.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Hafizh Billy Anisman.pdf

Download (3615Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rumah sakit sudah memaksimalkan pemanfaatan informasi keuangan dan non keuangan serta kualitas pelayanan sebagai indikator peningkatan kinerja rumah sakit yang didukung oleh manajemen pengetahuan yang dimiliki oleh individu yang terlibat. Penelitian ini dilakukan di 25 rumah sakit di Provinsi Lampung yang berasal dari 8 Kabupaten/ Kota yang terdiri dari beberapa tipe rumah sakit dengan melibatkan 115 responden. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel strategic management accounting information tidak berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit sedangkan jika didukung oleh variabel mediasi yaitu knowledge management akan dapat memediasi hubungan antar kedua variabel tersebut. Dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit dan knowledge management. Variabel mediasi pada penelitian ini berperan terhadap hubungan antara variabel kualitas pelayanan dan kinerja rumah sakit. Penelitian ini diharapkan diharapkan dapat mengedukasi manajemen rumah sakit terkait pentingnya informasi keuangan dan non keuangan sehingga dapat memacu daya saing antar rumah sakit dan kembali menghidupkan persaingan di industri kesehatan khususnya rumah sakit. Kata Kunci: Strategic Management Accounting Information, Kualitas Pelayanan, Knowledge Management, Kinerja Rumah Sakit This study aims to determine whether hospitals have maximized the use of financial and non-financial information and service quality as indicators of improving hospital performance supported by knowledge management owned by the individuals involved. This study was conducted in 25 hospitals in Lampung Province from 8 regencies/cities consisting of several types of hospitals involving 115 respondents. The results of the study prove that the strategic management accounting information variable does not affect hospital performance, whereas if supported by a mediating variable, namely knowledge management, it will be able to mediate the relationship between the two variables. And the service quality variable affects hospital performance and knowledge management. The mediating variable in this study plays a role in the relationship between the service quality variable and hospital performance. This study is expected to educate hospital management regarding the importance of financial and non-financial information so that it can spur competitiveness between hospitals and revitalize competition in the healthcare industry, especially hospitals. Keywords: Strategic Management Accounting Information, Service Quality, Knowledge Management, Hospital Performance

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S2-Magister Ilmu Akuntansi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:09
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93269

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir