Meyta , Andela (2025) PEMBELAJARAN TARI BERTEMA FAUNA MENGGUNAKAN STRATEGI EKSPOSITORI DI SD KARTIKA II-5 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Meyta Andela.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Meyta Andela.pdf Restricted to Hanya staf Download (3295Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Meyta Andela.pdf Download (3173Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari bertema fauna menggunakan strategi ekspositori di SD Kartika II-5 Bandar Lampung. Strategi ekspositori dipilih karena adanya metode pembelajaran yang menekankan peran aktif guru dalam menyampaikan materi secara sistematis dan terstruktur agar siswa dapat memahami konsep dengan lebih mudah. Pada pembelajaran tari, strategi ini digunakan untuk membantu siswa dalam menguasai gerakan tari bertema fauna melalui penjelasan materi, demonstrasi langsung, serta penggunaan media pendukung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru, pelatih, dan tiga puluh tiga siswa kelas bawah yang mengikuti ekstrakurikuler tari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari bertema fauna dengan menggunakan strategi ekspositori yang terdiri dari beberapa langkah-langkah yaitu, tahap menyiapkan, media, dan siswa. Tahap menyajikan materi tari Manuk Dadali secara verbal dan visual. Tahap menghubungkan materi dengan pengetahuan siswa. Tahap menyimpulkan hasil pembelajaran dari materi tari Manuk Dadali, dan tahap menerapkan gerakan tari oleh siswa secara berulang dengan menggunakan iringan musik dari lagu Manuk Dadali. Strategi ekspositori mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam menari tari bertema fauna. Kata Kunci: pembelajaran tari, fauna, strategi ekspositori, sekolah dasar. This study aims to describe the learning process of fauna-themed dance using the expository strategy at SD Kartika II-5 Bandar Lampung. The expository strategy was chosen because it is a learning method that emphasizes the active role of the teacher in delivering material systematically and structurally so that students can more easily understand the concepts. In dance learning, this strategy is used to help students master fauna-themed dance movements through material explanations, direct demonstrations, and the use of supporting media. This research employed a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were the teacher, the instructor, and thirty three lower-grade students participating in the dance extracurricular activity. The results showed that fauna-themed dance learning using the expository strategy consists of several steps: preparing media and students, presenting the Manuk Dadali dance material verbally and visually, linking the material to students’ prior knowledge, summarizing the learning outcomes of the Manuk Dadali dance material, and having students repeatedly practice the dance movements accompanied by the Manuk Dadali song. The expository strategy is effective in enhancing students’ understanding in performing animal-themed dance. Keywords: dance learning, fauna, expositori strategy, elementary school.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 01:42 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 01:42 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93304 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
