Mutiara , Caesara Andri (2025) PENGEMBANGAN e- LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COMPLEX PROBLEM SOLVING DAN SIKAP ENVIROMENTAL AWARENESS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Mutiara caesara Unila.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL TANPA LAMPIRAN ISI MUTIARA - Mutiara caesara Unila.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Mutiara caesara Unila.pdf Download (2834Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-LKPD berbasis model Problem Based Learning terintegrasi STEM yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan Complex Problem Solving dan sikap Enviromental Awareness. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yang mengacu pada model 4D yang disarankan Thiagarajan. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan tipe explanatory sequential design yang terdiri dari dua tahap pengumpulan data, yaitu pengumpulan data kuantitatif dilanjutkan dengan pengumpulan data kualitatif. Data kuantitatif berupa kemampuan Complex Problem Solving yang dikur menggunakan pretest-postest, serta data kualitatif yaitu kebutuhan pendidik dan peserta didik, validasi ahli, keterlaksanaan pembelajaran, dan sikap Enviromental Awareness yang diperoleh dari angket. Desain uji coba yang digunakan adalah one group pretest-postest dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Penelitian ini berhasil mengembangkan bahan ajar (e- LKPD) yang terbukti sangat valid, praktis, dan efektif. Validitas bahan ajar (e- LKPD) sangat tinggi mencapai 93,22 % berdasarkan penilaian komprehensif validator ahli. Dari sisi kepraktisan bahan ajar (e-LKPD) sangat tinggi mencapai 95 % berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran. Selanjutnya dari sisi keefektivan diperoleh n-Gain sedang (0,56) dan effect size sangat besar ( 4,12) serta sikap Enviromental Awareness diperoleh relatif tinggi sebesar (83,13%). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa bahan ajar (e-LKPD) yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran pencemaran lingkungan guna meningkatkan kemampuan Complex Problem Solving dan sikap Enviromental Awareness peserta didik. Kata kunci : Problem Based Learning, STEM, Kemampuan Complex Problem Solving, Sikap Enviromental Awareness
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan IPA |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 01:50 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 01:50 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93311 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
