ALFU , RACHMAN HADI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM “CERITA DI UNITED TRACTORS” TERHADAP KEPUASAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BAGI FOLLOWERS. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK COVER ALFU (1) - Alfu Rachman Hadi.pdf Download (371Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Revisi Skripsi Alfu Bab 1-5 (tanpa lampiran) (1) - Alfu Rachman Hadi.pdf Restricted to Hanya staf Download (3871Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Revisi Skripsi Alfu Bab 1,2,3,5 (tanpa Bab 4 & lampiran) (1)_removed - Alfu Rachman Hadi.pdf Download (2136Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Media sosial telah menjadi saluran komunikasi utama dalam menyampaikan informasi perusahaan untuk membangun citra, menyampaikan aktivitas korporasi, hingga menjangkau khalayak yang lebih luas. Penelitian ini berdasarkan pengalaman penulis saat magang di PT United Tractors Tbk, yang mengelola akun Instagram Cerita di United Tractors. Namun, efektivitas akun tersebut dalam memenuhi kebutuhan informasi khalayak belum efisien dalam melakukan evaluasi laporan kepuasan khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial Instagram Cerita di United Tractors terhadap kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan informasi followers-nya. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications dengan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap 100 responden menggunakan rumus Slovin. Hasil perhitungan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 38,801 + 1,227X, yang berarti penggunaan media sosial Instagram berpengaruh positif terhadap kepuasan informasi followers. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (12,286 > 1,984), sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan Instagram Cerita di United Tractors terhadap kepuasan informasi penggunanya. Koefisien determinasi sebesar 0,620 menunjukkan bahwa 62,0% variabel kepuasan informasi dapat dijelaskan oleh penggunaan Instagram tersebut, sedangkan 38,0% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, penggunaan Instagram sebagai media informasi terbukti berperan dalam memenuhi kebutuhan kognitif, afektif, sosial, dan personal pengguna. Kata kunci: Instagram, Kepuasan Informasi, Media Sosial, Uses and Gratifications, Cerita di United Tractors, Followers. ABSTRACT Social media has become a primary communication channel for companies to deliver information, build brand image, share corporate activities, and reach a broader audience. This study is based on the author's experience during an internship at PT United Tractors Tbk, which manages the Instagram Stories account for United Tractors. However, the effectiveness of the account in meeting the informational needs of the audience has not been efficiently evaluated in terms of satisfaction reporting. This study aims to assess the impact of using Instagram Stories at United Tractors on follower satisfaction in fulfilling their informational needs. This research uses the Uses and Gratifications theory with a quantitative approach through a survey of 100 respondents, using the Slovin formula. The results of the simple linear regression analysis show the regression equation Y = 38.801 + 1.227X, indicating that the use of Instagram positively affects followers’ information satisfaction. Based on the hypothesis test, the result shows that the t-count is greater than the t-table (12.286 > 1.984), thus H1 is accepted and H0 is rejected, meaning there is a significant influence between the use of Instagram Cerita di United Tractors and user satisfaction in fulfilling their information needs. The coefficient of determination (R Square) is 0.620, indicating that 62.0% of the variation in information satisfaction is explained by Instagram usage, while the remaining 38.0% is influenced by other factors not examined in this study. Therefore, the use of Instagram as an information medium is proven to play a role in fulfilling users' cognitive, affective, social, and personal needs, as explained in the Uses and Gratifications theory. Keywords: Instagram, Information Satisfaction, Social Media, Uses and Gratifications, Cerita di United Tractors, Followers.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi |
| Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 01:57 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 01:57 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93323 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
