VIVI , IRVANA SAFITRI (2025) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI LKPD DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK VIVI IRVANA SAFITRI - Vivi Irvana.pdf Download (245Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. TESIS FULL VIVI IRVANA SAFITRI - Vivi Irvana.pdf Restricted to Hanya staf Download (3989Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN VIVI IRVANA SAFITRI - Vivi Irvana.pdf Download (3412Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah melalui LKPD dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Desain penelitian menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMAS Muhammadiyah Gisting, dengan sampel penelitian berjumlah dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Rancangan penelitian yang digunakan dalam uji coba produk penelitian adalah Posttest Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Melalui analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan, diperoleh bahwa LKPD dengan pendekatan Realistic Mathematics Education yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Perkembangan kemampuan pemecahan masalah yang semula pada umumnya berada pada kriteria “Belum Berkembang” dan “Mulai Berkembang” meningkat menjadi “Berkembang Sesuai Harapan” dan “Berkembang Sangat Baik”. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, LKPD, Realistic Mathematics Education ABSTRACT This research and development aims to develop problem-solving skills through LKPD with the Realistic Mathematics Education approach. The research design uses the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). The subjects in this study were students of class XI SMAS Muhammadiyah Gisting, with a research sample of two classes, namely the experimental class and the control class, which were selected using the Cluster Random Sampling technique. The research design used in the trial of the research product was the Posttest Only Control Group Design. Data collection techniques used included questionnaires and mathematical problem-solving ability test instruments. Through validity analysis, practicality analysis, and effectiveness analysis, it was obtained that LKPD with the Realistic Mathematics Education approach that had been developed met the criteria of valid, practical, and effective in developing mathematical problem-solving skills. The development of problem-solving skills which were initially generally in the criteria of "Not Developing" and "Starting to Develop" increased to "Developing According to Expectations" and "Developing Very Well". Keywords: LKPD, Problem Solving Ability, Realistic Mathematics Education
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 02:01 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 02:01 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93326 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
