TIYA , FEBRIANTI BAHAR (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA SUARA DEMOKRASI DALAM MEMPERKUAT KOLABORASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Tiya Bahar.pdf Download (280Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Tiya Bahar.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Tiya Bahar.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pendidikan yang menerapkan kurikulum merdeka menekankan pentingnya pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Salah satu implementasinya adalah melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang dirancang untuk mengembangkan enam dimensi utama karakter siswa, termasuk kolaborasi dan gotong royong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Suara Demokrasi dalam memperkuat kolaborasi peserta didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung, fokus penelitian mencakupi penerapan kegiatan P5 tema suara demokrasi dan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-struktur,observasi non partisipasi dikelas dan dokementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi telah memberikan dampak positif dalam menumbuhkan kesadaran demokrasi dan kolaborasi peserta didik melalui pengalaman nyata. Kata kunci: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Suara Demokrasi, Kolaborasi. ABSTRACT Education that implements the independent curriculum emphasizes the importance of character building for students through contextual and meaningful learning. One of its implementations is through the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5), which is designed to develop six main dimensions of student character, including collaboration and mutual cooperation. This study aims to describe the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) with the theme of Democracy Voice in strengthening student collaboration at SMA Negeri 15 Bandar Lampung, the focus of the study includes the implementation of P5 activities with the theme of democracy voice and student collaboration.This study uses a qualitative descriptive method approach. Data collection techniques are carried out through semi-structured interviews, non- participatory observations in class and documentation. The results of this study indicate that the Pancasila student profile strengthening project (P5) with the theme of democracy voice has had a positive impact on fostering democratic awareness and student collaboration through real experiences. Keywords: Implementation, Pancasila Student Profile, Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5), Voice of Democracy, Collaboration.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 02:39 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 02:39 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93347 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
