PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI

ASYIFA , AZAHRA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ASYIFA AZAHRA - 5a_Asyifa Azahra.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_ASYIFA AZAHRA - 5a_Asyifa Azahra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1097Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_ASYIFA AZAHRA - 5a_Asyifa Azahra.pdf

Download (1020Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini dalam pembelajaran anak usia dini adalah minimnya stimulasi kreativitas anak, serta model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik, anak lebih banyak duduk, dan ditugaskan untuk mengerjakan lembar kerja anak (LKA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEAM terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK islam An Najah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-experimental design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling yang berjumlah 21 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil penelitian pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STEAM terhadap kreativitas belajar anak usia dini di TK An Najah Jatimulyo. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kreativitas ,Model Pembelajaran STEAM ABSTRACT The problem taken in this study in early childhood learning is the lack of stimulation of children's creativity, and the learning model used by the teacher is less interesting, children sit more, and are assigned to do children's worksheets (LKA). This study aims to determine the effect of the STEAM learning model on the creativity of children aged 5-6 years at An Najah Islamic Kindergarten. This study uses a quantitative pre-experimental design method with the form One Group Pretest-Posttest. The technique used in this study was purposive sampling which amounted to 21 samples. The instrument used in this study was an observation sheet. The results of hypothesis testing research in this study using statistical analysis of simple linear regression test obtained a significance value of 0.000 less than 0.05, it can be concluded that there is an effect of STEAM learning model on early childhood learning creativity at An Najah Jatimulyo Kindergarten. Keywords: Early Childhood, Creativity, STEAM Learning Model

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:02
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93378

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir