PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

JUFRI , SAPUTRA (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - JUFRI SAPUTRA.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL -JUFRI SAPUTRA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2227Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - JUFRI SAPUTRA.pdf

Download (1342Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama, yaitu: (1) kevalidan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas IV Sekolah Dasar, (2) tingkat keterbacaan instrumen tersebut, dan (3) kepraktisannya dalam penggunaan di lingkungan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian HOTS yang valid, memiliki keterbacaan yang baik, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Proses validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli evaluasi, dan ahli bahasa. Instrumen diuji keterbacaannya oleh peserta didik dan diuji kepraktisannya oleh pendidik sebagai pengguna langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tergolong sangat valid dengan rata- rata hasil validasi sebesar 82%. Uji keterbacaan oleh 10 peserta didik menghasilkan nilai 84,58%, termasuk kategori sangat baik. Uji kepraktisan oleh 3 pendidik menghasilkan skor 93,6% yang menunjukkan instrumen sangat praktis. Dengan demikian, instrumen HOTS yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: Instrumen, HOTS, Berpikir Kritis dan Kreatif. The problems addressed in this study focus on three main aspects: (1) the validity of the Higher Order Thinking Skills (HOTS) assessment instrument to measure the critical and creative thinking abilities of fourth-grade elementary school students, (2) the readability level of the instrument, and (3) its practicality in a classroom setting. This study aims to develop a HOTS assessment instrument that is valid, readable—particularly for the Natural and Social Sciences (IPAS) subject—and practical for use in elementary education. The study employed a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE development model, which includes the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The validation process involved subject matter experts, evaluation experts, and language experts. The readability test was conducted with students, while the practicality test was carried out by teachers as the end users. The research findings show that the instrument is highly valid, with an average validation score of 72%. The readability test conducted with 10 students yielded a score of 84.58%, classified as very good. The practicality test involving 3 teachers resulted in a score of 93.6%, indicating the instrument is highly practical. Therefore, the developed HOTS instrument is considered suitable for measuring the critical and creative thinking skills of fourth-grade elementary school students. Keywords: Instrument, HOTS, Critical and Creative thinking

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:04
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93379

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir