NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN DALAM BUKU CERITA RAKYAT LAMPUNG TIMUR SULTAN DOMAS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

ELAWATI, (2025) NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN DALAM BUKU CERITA RAKYAT LAMPUNG TIMUR SULTAN DOMAS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Ela - Elawati.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Ela Full Tanpa Lampiran - Elawati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1658Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Ela Tanpa Bab Pembahasan - Elawati.pdf

Download (1130Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan nilai karakter kepemimpinan dengan menggunakaan enam dimensi yang ada pada Profil Pelajar Pancasila di dalam buku cerita rakyat Sultan Domas: Pemimpin yang Sakti dan Baik Hati. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implikasi nilai karakter kepemimpinan yang diperoleh ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP materi teks sastra. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kutipan, atau kalimat mengenai nilai karakter kepemimpinan yang terkandung dalam buku cerita rakyat Sultan Domas: Pemimpin yang Sakti dan Baik Hati. Sumber data penelitian ini adalah buku cerita rakyat Sultan Domas: Pemimpin yang Sakti dan Baik Hati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca catat. Sementara itu, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku cerita rakyat Sultan Domas: Pemimpin yang Sakti dan Baik Hati ditemukan enam dimensi nilai karakter kepemimpinan, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai-nilai beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia lebih banyak ditemukan dalam buku cerita rakyat yang menggambarkan sosok Sultan Domas, sedangkan nilai karakter kreatif paling sedikit ditemukan. Kata kunci: kepemimpinan, sastra, pembelajaran ABSTRACT This study describes the value of leadership character using the six dimensions in the Pancasila Student Profile in the folklore book Sultan Domas: A Wise and Kind Leader. The purpose of this study is to describe the implication of leadership character values obtained into Indonesian language learning in junior high school literary text material. The method used is descriptive qualitative. The data in this study are in the form of words, quotes, or sentences regarding the value of leadership character contained in the folklore book Sultan Domas: A Wise and Kind Leader. The data source of this research is the folklore book Sultan Domas: A Wise and Kind Leader. The data collection technique used is the reading and writing technique. Meanwhile, the data analysis technique in this research uses qualitative analysis. The results showed that in the folklore book Sultan Domas: The Sakti and Kindhearted Leader, there are six dimensions of leadership character values, namely faith, fear of God Almighty, and noble character, global diversity, mutual cooperation, independence, critical thinking, and creativity. Based on the results of the study, it was found that the values of faith, piety, and noble character were found more in the folklore book describing the figure of Sultan Domas, while the creative character value was found the least. Keywords: leadership, literature, learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:14
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93384

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir