Bhalqis , Embun Putri Hawa Wijaya (2025) THE EFFECT OF STUDENTS’ ENGLISH ORGANIZATION INVOLVEMENT ON STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING PERFORMANCE. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - affan computer.pdf Download (340Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - affan computer.pdf Restricted to Hanya staf Download (3238Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN (1) - affan computer.pdf Download (3358Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi berbahasa Inggris, khususnya AIESEC di Universitas Lampung, terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka. Menggunakan pendekatan kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara keterlibatan dalam organisasi dan performa berbicara mahasiswa. Pengukuran dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji homogenitas varians, serta analisis regresi linier menggunakan SPSS versi 27. Data dikumpulkan dari 60 anggota aktif AIESEC di Universitas Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam AIESEC memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kemampuan berbicara mereka dalam bahasa Inggris. Hal ini didukung oleh nilai koefisien korelasi yang tinggi (R = 0,937) dan nilai R-squared (R2 = 0,878), yang menunjukkan bahwa 87,8% variasi dalam performa berbicara dapat dijelaskan oleh keaktifan dalam organisasi. Mahasiswa melaporkan peningkatan dalam kefasihan, kepercayaan diri, dan penguasaan kosakata melalui partisipasi dalam program seperti Global Volunteer, Leadership Development Seminar (LDS), dan pertukaran budaya internasional. Temuan ini juga merekomendasikan pentingnya integrasi aktivitas berbicara yang bersifat informal, program pendampingan (mentoring), serta peluang praktik bahasa di dunia nyata dalam kegiatan organisasi mahasiswa maupun institusi pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa AIESEC memberikan lingkungan yang efektif dalam pengembangan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa. Kata kunci: AIESEC, Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris, Pengalaman, Pengembangan Bahasa, Keterampilan Berbicara, Keterlibatan Mahasiswa, Organisasi Mahasiswa. ABSTRACT This study investigates the effect of students’ involvement in English organizations, specifically AIESEC at Universitas Lampung, on their English-speaking performance. Using a quantitative research design, the findings reveal a significant positive effect between organizational involvement and speaking performance, as measured by validity and reliability tests, homogeneity of variance tests, and linear regression analysis using SPSS 27. The study analyzes data collected from 60 active AIESEC members at the University of Lampung. The findings reveal that students’ involvement in AIESEC has a significant and positive effect on their speaking performance. This is supported by a high correlation coefficient (R = 0.937) and R- squared value (R2 = 0.878), indicating that 87.8% of the variation in speaking performance is explained by organizational involvement. Students reported improvements in fluency, confidence, and vocabulary through participation in activities such as Global Volunteer programs, Leadership Development Seminars (LDS), and cross-cultural exchanges. The findings reveal that students’involvement in AIESEC has a significant and positive effect on their speaking performance. Students reported experiencing increased fluency, confidence, and articulation, with recommendations for incorporating more informal speaking activities, mentorship programs, and additional opportunities for real-world language practice. The study concludes that AIESEC provides an effective environment for developing English- speaking skills and recommends integrating more immersive, practice-oriented activities into both student organizations and universities. Keywords: AIESEC, English-speaking Performance, Experience, Language Development, Speaking Skills, Student Engagement, Student Organization.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon) |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bahasa Inggris |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:26 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 07:26 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93389 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
