Novita , Sari (2025) ANALISIS TINDAK TUTUR YANG DIGUNAKAN OLEH GURU DALAM INTERAKSI KELAS BAHASA INGGRIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstract english-indonesian_Novita Sari - Novita Sari.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full Bab_Novita Sari - Novita Sari.pdf Restricted to Hanya staf Download (1656Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi tanpa Pembahasan_novita sari. - Novita Sari.pdf Download (1236Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis tindak tutur yang digunakan oleh seorang guru Bahasa Inggris serta menelaah hubungan antara pemilihan tindak tutur oleh guru dengan interaksi di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Al Kautsar Bandar Lampung, dengan melibatkan satu orang guru Bahasa Inggris dan dua kelas siswa kelas sebelas. Data dikumpulkan melalui rekaman video dan transkrip aktivitas pembelajaran di kelas, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur direktif merupakan jenis yang paling sering digunakan (54,3%), diikuti oleh tindak tutur asertif (42,4%). Tindak tutur ekspresif dan komisif digunakan dengan frekuensi yang lebih rendah, masing-masing sebesar 1,9% dan 1,4%, sementara tindak tutur deklaratif tidak ditemukan dalam data. Analisis menunjukkan bahwa setiap jenis tindak tutur memiliki hubungan yang berbeda terhadap interaksi di kelas; direktif berperan dalam pengelolaan kelas dan partisipasi siswa, asertif mendukung kejelasan instruksi pembelajaran, ekspresif menciptakan suasana yang suportif, dan komisif membantu memberikan struktur serta mempersiapkan siswa terhadap tugas-tugas selanjutnya. Temuan ini menunjukkan bahwa pemilihan tindak tutur oleh guru memiliki hubungan yang signifikan terhadap dimensi akademik dan sosial dalam interaksi kelas pada konteks pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Kata Kunci: Tindak Tutur, Tuturan Guru, Hubungan, Interaksi Kelas. ABSTRACT This study aims to analyze the types of speech acts performed by an English teacher and to examines the relationship between the teacher’s choice of speech acts and classroom interaction. The research was conducted at SMAS Al Kautsar Bandar Lampung, involving one English teacher and two classes of eleventh-grade students. Data were collected through video recordings and transcriptions of classroom activities and analyzed using a descriptive qualitative approach. The results showed that directive speech acts were the most frequently used (54.3%), followed by assertive speech acts (42.4%). Expressive and commissive speech acts were used less frequently, at 1.9% and 1.4% respectively, while declarative speech acts were not found in the data. The analysis demonstrated that each speech act type related differently to classroom interaction; directives supported classroom management and participation, assertives contributed to instructional clarity, expressives helped create a supportive atmosphere, and commissives provided structure and prepared students for upcoming tasks. These findings suggest that the teacher’s choice of speech acts showed a significant relationship with both the academic and social dimensions of classroom interaction in the EFL setting. Keywords: Speech Act, Teacher Talk, Relationship, Classroom Interaction.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon) |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bahasa Inggris |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:38 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 07:38 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93396 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
