DESIANA , TUMANGGOR (2025) METODE PEMBELAJARAN PADUAN SUARA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SWARA TAMARISKA DI BPK (BADAN PENDIDIKAN KRISTEN) PENABUR BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Bagi ABSTRAK - desiana tumanggor.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
full revisi desiana tu - desiana tumanggor.pdf Restricted to Hanya staf Download (2649Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
bab 1-3 PERBAIKAN desiana tu - desiana tumanggor.pdf Download (1431Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran paduan suara yang diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler Swara Tamariska di BPK Penabur Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan pelatih dan anggota paduan suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran paduan suara dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu kegiatan pra dan awal pembelajaran, kegiatan inti, serta kegiatan akhir dan tindak lanjut. kegiatan inti mencakup latihan teknik vokal dan materi lagu, sedangkan pada tahap akhir dilakukan evaluasi serta pengarahan untuk latihan selanjutnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelatih menerapkan variasi metode seperti imitasi, demonstrasi, drill, dan belajar kelompok serta menyesuaikan pendekatan dengan kebutuhan peserta didik, Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran paduan suara di Swara Tamariska dilaksanakan secara terstruktur dengan metode yang bervariasi, yang disesuaikan dengan karakteristik peserta dan situasi latihan, sehingga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran vokal. Kata kunci: metode pembelajaran, paduan suara, ekstrakurikuler, Swara Tamariska, BPK Penabur ABSTRACT This study aims to describe the choir teaching methods implemented in the Swara Tamariska extracurricular activity at BPK Penabur Bandar Lampung. The research employed a qualitative method with a descriptive approach. Data were collected through observation, interviews, and documentation involving the choir coach and members. The findings reveal that choir instruction is carried out in three stages: pre- lesson and initial activities, core activities, and closing activities with follow-up. The core stage includes vocal technique exercises and song material practice, while the final stage involves evaluation and guidance for future rehearsals. The study also found that the coach applied a variety of methods such as imitation, demonstration, drill, and group learning, adapting the approach to the students' needs. The study concludes that the choir learning process at Swara Tamariska is implemented in a structured manner using diverse methods tailored to the participants' characteristics and rehearsal conditions, thereby supporting the achievement of vocal learning. Keywords: teaching methods, choir, extracurricular, Swara Tamariska, BPK Penabur
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Musik |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:54 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 07:54 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93406 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
