Pengaruh Pemasaran Sensorik Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pelanggan Dunkin Donuts di Indonesia

Bima , Rizky Xanditama (2025) Pengaruh Pemasaran Sensorik Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pelanggan Dunkin Donuts di Indonesia. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Bima Rizky Xanditama.pdf

Download (310Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Bima Rizky Xanditama.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2084Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN -Bima Rizky Xanditama.pdf

Download (1813Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran sensorik terhadap loyalitas pelanggan Dunkin' Donuts di Indonesia. Meskipun telah lama hadir di pasar Indonesia dan menerapkan strategi pemasaran sensorik melalui elemen visual, pendengaran, penciuman, perabaan, dan pengecapan, Dunkin' Donuts kesulitan bersaing dengan merek lokal seperti J.Co dan penjualan mereka menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner berbasis skala Likert, yang dianalisis menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh elemen pemasaran sensorik memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan elemen visual dan pengecapan sebagai faktor dominan. Penelitian ini menegaskan bahwa pengalaman sensorik yang kuat dapat menciptakan keterikatan emosional dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Pemasaran Sensorik, Loyalitas Pelanggan, Dunkin’ Donuts, Industri Makanan This study aims to analyze the influence of sensory marketing on customer loyalty toward Dunkin' Donuts in Indonesia. Despite having been present in the Indonesian market for a long time and implementing sensory marketing strategies through visual, auditory, olfactory, tactile, and gustatory elements, Dunkin' Donuts has struggled to compete with local brands such as J.Co, with declining sales over the years. This research adopts a quantitative approach using a survey method with a Likert scale-based questionnaire, analyzed through multiple regression techniques. The results show that all elements of sensory marketing have a significant influence on customer loyalty, with visual and gustatory elements emerging as the dominant factors. This study confirms that strong sensory experiences can create emotional attachment and enhance customer loyalty.. Keywords: Sensory Marketing, Customer Loyalty, Dunkin’ Donuts, Food Industry

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S2-Magister Manajemen
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 14 Nov 2025 09:03
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 09:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93420

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir