PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN PLAYPOSIT UNTUK MEREDUKSI COGNITIVE LOAD PADA KONSEP LINGKARAN

CALSA , FIRA ATVIKA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN PLAYPOSIT UNTUK MEREDUKSI COGNITIVE LOAD PADA KONSEP LINGKARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_digilib - CALSA FIRA.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Calsa_Full Digilib - CALSA FIRA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3449Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Calsa_Tanpa Pembahasan Digilib - CALSA FIRA.pdf

Download (2042Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video interaktif berbantuan playposit untuk mereduksi Cognitive Load pada konsep lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk video pembelajaran interaktif guna mereduksi cognitive load peserta didik. Menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Semendawai Timur pada peserta didik kelas XI. Teknik analisis data meliputi uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil uji kevalidan melalui uji ahli media memperoleh rata- rata skor keseluruhan sebesar 3,70 dan uji ahli materi memperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 3,4 dimana keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Uji kepraktisan melalui angket persepsi guru memperoleh persentase sebesar 82,81% yang termasuk ke dalama kategori sangat praktis. Uji keefektifan melalui uji normalitas pada nilai kelas eksperimen mendapat hasil Sig. 0,055 dan nilai kelas kontrol mendapat hasil Sig. 0,063 dimana kedua nilai mendapat sig. > 0.05 yang berarti data berdistribusi normal. Uji homogenitas mendapat hasil Sig. 0,913 > 0,05 yang berarti varian antar kelompok sama (data homogen). Uji independent sample T-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok yang diuji. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video interaktif berbantuan playposit layak digunakan dan efektif dalam mereduksi Cognitive Load siswa. Kata Kunci: Video, PlayPosit, Cognitive Load, Konsep Lingkaran ABSTRACT This research produces an interactive video-based learning media product assisted by PlayPosit to reduce cognitive load on the concept of a circle. This study aims to describe the validity, practicality, and effectiveness of interactive learning video products to reduce the cognitive load of students. Using the Research and Development (R&D) method with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model. The research was carried out at SMA Negeri 1 Semendawai Timur in grade XI students. Data analysis techniques include validity tests, practicality tests, and effectiveness tests. The results of the validity test, as assessed by the media expert test, obtained an overall average score of 3.70, and the material expert test obtained an overall average score of 3.4, both of which fall within the very valid category. The practicality test, through a teacher perception questionnaire, received a percentage of 82.81%, which is included in the very practical category. The effectiveness test, conducted through a normality test on the experimental class score got a Sig. 0.055 result and the control class score got a Sig. 0.063, where both values got a sig. > 0.05, which indicates that the data is normally distributed. The homogeneity test received a result of Sig. 0.913 > 0.05, which indicatesthat the variance between groupsisthe same (homogeneous data). The independent sample T-test yielded a Sig. (2-tailed) A value of 0.000 < 0.05 indicates a statistically significant difference between the two groups tested. Based on these results, it can be concluded that PlayPosit- assisted interactive video-based learning media is feasible and effective in reducing students' Cognitive Load. Keywords: Video, PlayPosit, Cognitive Load, Circle Concept

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 14 Nov 2025 10:23
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 10:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93426

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir