PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR

ARIANI , KRISHANTI (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Kicanti Ariani.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img] File PDF
Revisi ke 2 SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Kicanti Ariani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2258Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Revisi ke 2 SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Kicanti Ariani.pdf

Download (2139Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah kurangnya fokus dan konsentrasi peserta didik, kurangnya interaksi peserta didik dengan pendidik dalam proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sepang Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan Quizizz Paper Mode. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sepang Jaya yang berjumlah 79 orang peserta didik, dan sampel yang terdiri dari 28 peserta didik kelas V C dan 25 peserta didik kelas V A dengan total 53 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, sedangkan analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana untuk mengukur adanya pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Sepang Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan Quizizz Paper Mode terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Sepang Jaya. Kata kunci: hasil belajar, matematika, model pembelajaran kooperatif, Quizizz Paper Mode, Snowball Throwing. ABSTRACT The problem of this research was the lack of focus and concentration of students, the lack of interaction between students and educators in the learning process and the low mathematics learning outcomes of class V students of SD Negeri 1 Sepang Jaya. This study aimed to determined the effect of the Snowball Throwing cooperative learning model assisted by Quizizz Paper Mode. This study used a quasi-experimental design method with a pretest-posttest control group design. The population of the study was all class V students of SD Negeri 1 Sepang Jaya totaling 79 students, and a sample consisting of 28 class V C students and 25 class V A students with a total of 53 students. Data collection techniques were carried out through pretest and posttest tests, while data analysis used a simple linear regression test to measure the effect of learning outcomes on mathematics subjects of class V students at SD Negeri 1 Sepang Jaya. The results of the study showed that: there is a significant influence on the application of the Snowball Throwing cooperative learning model assisted by Quizizz Paper Mode on the mathematics learning outcomes of class V students at SD Negeri 1 Sepang Jaya. Keywords: cooperative learning model, learning outcomes, mathematics, Quizizz Paper Mode, Snowball Throwing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Nov 2025 05:49
Terakhir diubah: 16 Nov 2025 05:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93432

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir