PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

DANTI , OKTARINA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - DANTI OKTARINA.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL -DANTI OKTARINA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1262Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -DANTI OKTARINA.pdf

Download (1045Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Candimas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik (2) pengaruh penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media PowerPoint interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik (3) perbedaan pengaruh antara penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media video pembelajaran dengan media PowerPoint interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis experimental design yaitu desain dua kelompok (between subject design). Populasi berjumlah 57 orang peserta didik, dengan penentuan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-T. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat pengaruh dari model pembelajaran role playing berbantuan media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan signifikansi (2-tailed) 0.000 (2) terdapat pengaruh dari model pembelajaran role playing berbantuan media PowerPoint interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan signifikansi (2-tailed) 0.000 (3) terdapat perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dari penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media video pembelajaran dan dengan media PowerPoint interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0.000. Kata kunci: model pembelajaran role playing, motivasi belajar, PowerPoint interaktif, video pembelajaran. The problem in this study was the low learning motivation of fifth grade students at SD Negeri 1 Candimas. This study aimed to determine (1) the effect of applying the role playing learning model assisted by instructional video media in increasing students learning motivation, (2) the effect of applying the role playing learning model assisted by interactive PowerPoint media in increasing students’ learning motivation, and (3) the difference in effect between the application of the role playing learning model assisted by instructional video media and that assisted by interactive PowerPoint media in increasing students’ learning motivation. The method used in this study was quantitative with an experimental design, specifically a between-subjects design. The population consisted of 57 students, and the research sample was determined using random sampling. Data collection techniques included questionnaires. The hypothesis testing used the t-test formula. The conclusions of this study were: (1) there was an effect of the role playing learning model assisted by instructional video media on increasing students learning motivation, with a significance value (2-tailed) of 0.000, (2) there was an effect of the role playing learning model assisted by interactive PowerPoint media on increasing students’ learning motivation, with a significance value (2-tailed) of 0.000, and (3) there was a difference between the experimental and control classes in the application of the role playing learning model assisted by instructional video media and interactive PowerPoint media in increasing students’ learning motivation, with a significance value (2-tailed) of 0.000. Keywords: interactive powerpoint, learning motivation, learning video, role playing learning model.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:25
Terakhir diubah: 17 Nov 2025 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93456

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir