Nabila Fahira , Yahsan (2025) PENGEMBANGAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS XI AR-RAIHAN ISLAMIC SCIENCE-TECH SCHOOL. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (231Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3462Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pendidikan karakter berbasis Islam menjadi pilar penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Namun, pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI SMA IT Ar-Raihan Science Tech masih menghadapi tantangan, terutama rendahnya motivasi belajar siswa akibat kurangnya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Liveworksheets untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall hingga tahap ketujuh. Teknik analisis data meliputi observasi, tes, serta uji-t dan NGain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) potensi dan kondisi mendukung dan potensial untuk di implementasikan nya media liveworksheet untuk meningkatkan motivasi belajar; (2) Proses pengembangan dilakukan melalui tahapan yang sistematis, dimulai dari analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, perancangan konten yang relevan dengan kurikulum merdeka, validasi oleh ahli, hingga uji coba kepada peserta didik; (3) Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa Liveworksheets layak digunakan sebagai media pembelajaran karena mampu meningkatkan partisipasi aktif dan keterlibatan peserta didik; (4) Media terbukti efektif dalam membangkitkan rasa ingin tahu serta memperkuat motivasi belajar, dengan nilai signifikansi 0,003 (< 0,05). Dengan demikian, Liveworksheets efektif menciptakan pembelajaran Bahasa Arab yang aktif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa arab peserta didik. Kata Kunci : Pengembangan Media Liveworksheet; Bahasa Arab; Motivasi Belajar; Peserta Didik Islamic-based character education is an important pillar in the education system in Indonesia. However, Arabic language learning in class XI of SMA IT Ar-Raihan Science Tech still faces challenges, especially the low motivation of students to learn due to the lack of interesting learning media. This study aims to develop Liveworksheets media to increase motivation to learn Arabic. The method used is the Borg and Gall development model until the seventh stage. Data analysis techniques include observation, tests, as well as t-test and N-Gain. The results showed: (1) potential and conditions support and potential for the implementation of liveworksheet media to increase learning motivation; (2) The development process is carried out through systematic stages, starting from analyzing the needs and characteristics of students, designing content that is relevant to the independent curriculum, validation by experts, to trials with students; (3) The results of validation and trials show that Liveworksheets are suitable for use as learning media because they are able to increase active participation and involvement of students; (4) The media proved to be effective in arousing curiosity and strengthening learning motivation, with a significance value of 0.003 (<0.05). Thus, Liveworksheets is effective in creating active and fun Arabic learning to increase learners' motivation to learn Arabic. Keyword: Liveworksheet Media Development; Arabic Language; Learning Motivation; Learners
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507641119 Digilib |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 01:40 |
| Terakhir diubah: | 19 Nov 2025 01:40 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93500 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
