Immas , Lailiya (2025) HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS XI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT -Immas Lailiya.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL -Immas Lailiya.pdf Restricted to Hanya staf Download (1611Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Immas Lailiya.pdf Download (1544Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kesadaran lingkungan siswa, yang tercermin dari perilaku membuang sampah sembarangan dan kurangnya partisipasi menjaga kebersihan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel berjumlah 42 siswa dari tiga kelas, dipilih melalui teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui angket tertutup skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan hubungan antar variabel bersifat linear. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,645 dengan signifikansi 0,000 menunjukkan hubungan kuat dan signifikan antara pengetahuan lingkungan dan sikap peduli lingkungan. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Kata kunci: pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan, siswa SMA This study aims to determine the relationship between environmental knowledge and environmental awareness among eleventh-grade students at SMA Negeri 1 Jatiagung, South Lampung Regency. The background of this study is the low environmental awareness of students, reflected in littering and lack of participation in maintaining school cleanliness. This study used a quantitative method with a descriptive correlational approach. A sample of 42 students from three classes was selected using a stratified random sampling technique. Data were collected using a closed-ended Likert-scale questionnaire that was tested for validity and reliability. The analysis showed a normal distribution and a linear relationship between variables. The correlation coefficient value of 0.645 with a significance level of 0.000 indicates a strong and significant relationship between environmental knowledge and environmental awareness. These findings emphasize the importance of integrating environmental education into learning to increase students' environmental awareness. Keywords: environmental knowledge, environmental care attitude, high school students
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:39 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 02:39 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93513 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
