FRITZ , DENIS SETYOAJI NUGROHO (2025) PENGARUH KAMPANYE @SUNYICOFFEE TERHADAP KESADARAN PELAKU USAHA (Studi Pada Instagram Penyandang Disabilitas Rungu Wicara). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_new - Fritz Dn.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL (TANPA LAMPIRAN) - Fritz Dn.pdf Restricted to Hanya staf Download (3702Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN (TANPA LAMPIRAN) - Fritz Dn.pdf Download (3183Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Perkembangan teknologi digital dan meningkatnya penggunaan media sosial telah mengubah cara masyarakat memperoleh informasi, termasuk tentang kesetaraan kerja bagi penyandang disabilitas rungu wicara. Salah satu akun Instagram yang konsisten mengangkat isu ini adalah @sunyicoffee. Kampanye @sunyicoffee diharapkan dapat membangun kesadaran pelaku usaha akan inklusi disabilitas, meskipun pada kenyataannya dampaknya masih terbatas karena rendahnya partisipasi dan minat pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kampanye Instagram @sunyicoffee terhadap kesadaran pelaku usaha mengenai kesetaraan kerja penyandang disabilitas rungu wicara dengan menggunakan teori uses and effects, pendekatan kuantitatif, dan metode survei terhadap 100 pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial frekuensi dan durasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan, sedangkan atensi berpengaruh secara signifikan. Selanjutnya, secara simultan atau bersama-sama, frekuensi, durasi, dan atensi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif sebesar 19,6%. Temuan ini menegaskan bahwa media sosial dapat menjadi sarana efektif membangun kesadaran sosial jika dimanfaatkan secara tepat dan empatik. Kata kunci: Kampanye digital, @sunyicoffee, disabilitas rungu wicara, kesadaran pelaku usaha, media sosial, analisis jalur (path analysis). ABSTRACT The rise of digital technology and social media has transformed how people access information, including issues of employment equality for deaf and speech- impaired persons with disabilities. One Instagram account that consistently highlights this issue is @sunyicoffee. Its campaign aims to raise business owners’ awareness of disability inclusion, although its impact remains limited due to low participation and interest. This study analyzes the influence of the @sunyicoffee Instagram campaign on business owners’ awareness of employment equality for deaf and speech-impaired persons with disabilities. Using the uses and effects theory, a quantitative approach, and a survey of 100 business owners, the findings show that frequency and duration have no significant effect individually, while attention does. Simultaneously, frequency, duration, and attention together have a significant and positive effect of 19.6%. These results confirm that social media, if used properly and empathetically, can be an effective tool for building social awareness. Keywords: Digital campaign, @sunyicoffee, awareness of employment equality for individuals with hearing and speech disabilities, business actors, social media, path analysis.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi |
| Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:42 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 03:42 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93539 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
