RAFIKA , YUDA PRASASTI (2025) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
SKRIPSI_RAFIKA_Abstrak - onky matruti.pdf Download (3663Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI_RAFIKA_PASCA_Full Tanpa Lampiran - onky matruti.pdf Restricted to Hanya staf Download (1597Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI_RAFIKA_Tanpa Pembahasan_Tanpa Lampiran - onky matruti.pdf Download (4027Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Smart Kids. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasy experiment design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah keseluruhan 29 anak. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar (0,001 < 0,05) maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara nilai pretest dan posttest yang artinya terdapat perbedaan permainan tradisonal terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Perkembangan Kognitif, Permainan Tradisional ABSTRACT This study aims to determine the effect of traditional games on the cognitive development of children aged 5-6 years at Smart Kids Kindergarten. This study uses a quantitative method with a quasi-experimental design approach. Sampling using purposive sampling technique based with a total of 29 children. Data collection techniques using observation sheets and documentation. The data analysis technique used in this study is the Wilcoxon Signed Ranks Test. Based on the test results using the Wilcoxon Signed Ranks Test, the sig. (2-tailed) value is (0.001 <0.05) then Ho is rejected and H1 is accepted, so it can be concluded that there is an influence of pretest and posttest values which means there is a difference in traditional games on the cognitive development of children aged 5-6 years. Keywords: Early Childhood, Cognitive Development, Traditional Games
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 07:15 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 07:15 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93561 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
