PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF ANIMAKER TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 8 METRO TIMUR

Indah , Nur Sapitri (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF ANIMAKER TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 8 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - 7G_Indah Nur Sapitri.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - 7G_Indah Nur Sapitri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1339Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - 7G_Indah Nur Sapitri.pdf

Download (1197Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 8 Metro Timur pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan minimnya media interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif Animaker terhadap minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 57 peserta didik kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non-tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif Animaker memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari meningkatnya aspek perasaan senang, perhatian, partisipasi aktif, kemauan belajar, dan usaha peserta didik. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan Animaker dengan peningkatan minat belajar. Ini membuktikan bahwa media Animaker berpengaruh dan sesuai dengan karakteristik belajar visual dan audiovisual peserta didik sekolah dasar. Kata kunci : Animaker, IPAS, minat belajar, media interaktif. The problem in this study was the low learning interest of fourth-grade students at SD Negeri 8 Metro Timur in the subject of Science and Social Studies (IPAS), which was caused by monotonous teaching methods and the lack of interactive media. This study aimed to determine the effect of using the interactive media Animaker on students’ learning interest. The research method used was a quasi-experiment with a non-equivalent control group design. The sample consisted of 57 students from classes IVA and IVB. Data collection techniques involved both test and non-test instruments. Based on the results of the study, it was concluded that the use of Animaker as an interactive medium had a positive impact on increasing students' learning interest. This was evident from improvements in aspects such as enjoyment, attention, active participation, willingness to learn, and student effort. The results of a simple linear regression test showed a significant relationship between the use of Animaker and the increase in learning interest. This proved that Animaker was effective and suited to the visual and audiovisual learning characteristics of elementary school students. Keywords: Animaker, IPAS,interactive media, learning interest.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 18 Nov 2025 08:36
Terakhir diubah: 18 Nov 2025 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93595

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir