Khansa , Nabila (2025) ANALISIS KETERSEDIAAN DAN KETERJANGKAUAN PENDIDIKAN DASAR NEGERI DI KABUPATEN TULANGBAWANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Khansa Nabila.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Khansa Nabila.pdf Restricted to Hanya staf Download (1913Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Khansa Nabila.pdf Download (1168Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pemerataan akses pendidikan sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kabupaten Tulangbawang saat ini masih menghadapi disparitas dalam distribusi fasilitas pendidikan, khususnya pendidikan dasar negeri. Berdasarkan standar yang digunakan yaitu SNI 03-1733-2004 menunjukkan bahwa Kabupaten Tulangbawang secara umum mengalami kekurangan jumlah sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan dan keterjangkauan pendidikan dasar negeri di Kabupaten Tulangbawang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan survei laman internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data sekunder dan analisis spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ketersediaan jumlah sekolah existing SD berjumlah 158 sekolah dan ketersediaan jumlah sekolah existing SMP berjumlah 55 sekolah (2) berdasarkan acuan SNI 03- 1733-2004 tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan standar fasilitas SD yaitu 280 sekolah dan 98 sekolah untuk fasilitas SMP (3) persentase luas permukiman terjangkau fasilitas SD sebesar 50,09% dan 12,22% untuk fasilitas SMP (4) Kabupaten Tulangbawang memiliki topografi yang datar hingga bergelombang. Kondisi fisik wilayah seperti topografi dan bentuk lahan, mempengaruhi distribusi sekolah dasar. Kata kunci: ketersediaan, keterjangkauan, pendidikan dasar, negeri Equal access to education is very important in order to improve the quality of human resources. Tulangbawang regency is currently still encounter disparities in the distribution of educational facilities, state primary education. Based on the standars used, SNI 03-1733-2004, it indicate that Tulangbawang Regency generally undergo a shortage of schools. This study aims to analyze the availability and range of state primary education in Tulangbawang Regency. The approach used in this study is descriptive methods, data collections method were carried out using documentation and internet page surveys. The data analysis techniques used are secondary data analysis and spatial analysis. The results of the study show that (1) the availability of the number of existing elementary schools is 158 schools and the availability of the number of existing junior high schoolsis 55 schools(2) based on SNI 03-1733-2004 concerning procedures for planning housing environments in urban areas, the standard for elementary school facilities is 280 schools and 98 schools for junior high school facilities (3) the percentage of residential areas range to elementary school facilities is 50,09% and 12,22% for junior high school facilities (4) Tulangbawang Regency has a flat to undulating topography, the physical conditions of the area such as topography and land form affect the distribution of primary schools. Key words: availability, range, state primary education.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 08:42 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 08:42 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93596 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
