YUNIA , LISDA YANTI (2025) SATIRE DALAM DEBAT CAPRES 2024 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - YUNIA LISDA YANTI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - YUNIA LISDA YANTI.pdf Restricted to Hanya staf Download (1528Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - YUNIA LISDA YANTI.pdf Download (1239Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah tipe target gaya bahasa satire dalam Debat Calon Presiden 2024 dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe target gaya bahasa satire dalam Debat Calon Presiden 2024 dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Debat Calon Presiden 2024. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung tipe target gaya bahasa satire. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode padan pragmatis. Hasil penelitian menunjukkan adanya penggunaan tipe target gaya bahasa satire dalam Debat Calon Presiden 2024. Tipe target gaya bahasa satire yang paling dominan adalah satire personal. Selain itu, ditemukan juga penggunaan satire episodic dan satire textual. Hasil penelitian terkait tipe target gaya bahasa satire kemudian diimplikasikan sebagai contoh materi ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA pada materi "Menyampaikan pendapat melalui debat". Materi ini ditujukan untuk peserta didik kelas X fase E dan disusun dalam bentuk modul ajar Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka. Kata kunci: gaya bahasa satire, implikasi, debat The research problem is the target types of satirical language styles in the 2024 Presidential Candidate Debate and their implications for Indonesian language learning in high schools. This study aims to describe the target types of satirical language styles in the 2024 Presidential Candidate Debate and their implications for Indonesian language learning in high schools. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. The data source is the 2024 Presidential Candidate Debate. The data in this study are utterances containing the target types of satirical language styles. The data collection techniques used were free listening and note-taking. The data analysis technique used in this study was the pragmatic matching method. The results of the study indicate the use of target types of satirical language styles in the 2024 Presidential Candidate Debate. The most dominant target type of satirical language style was personal satire. Furthermore, the use of episodic satire and textual satire was also found. The results of this study regarding the target types of satirical language styles are then implemented as examples of teaching materials in Indonesian language learning in high schools, specifically the topic "Expressing Opinions Through Debate." This material is intended for grade X phase E students and is compiled in the form of an Indonesian language teaching module based on the Independent Curriculum. Keywords: satirical language, implications, debate.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 01:29 |
| Terakhir diubah: | 19 Nov 2025 01:29 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93602 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
