Khoirun , Nisa Salsabila Atauri (2025) PENGARUH CHEMISTRY LABORATORY ANXIETY TERHADAP PREFERENSI STUDI KIMIA SISWA SMA DI PROVINSI LAMPUNG DITINJAU DARI TERITORIAL SEKOLAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Khoirun Nisa Salsabila Atauri.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Khoirun Nisa Salsabila Atauri.pdf Restricted to Hanya staf Download (2509Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Khoirun Nisa Salsabila Atauri.pdf Download (2427Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh chemistry laboratory anxiety terhadap preferensi studi kimia siswa SMA di Provinsi Lampung ditinjau dari teritorial sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian survei. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chemistry Laboratory Anxiety Instrument (CLAI) dan Attitudes Toward Chemistry (ATC). Teknik analisis yang digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Provinsi Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan didapatkan siswa SMA kelas X, XI dan XII yang tersebar di enam sekolah yang tersebar di Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Kabupaten Pringsewu sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan laboratorium berpengaruh negatif terhadap preferensi studi kimia siswa, dimana semakin tinggi kecemasan siswa di laboratorium, maka semakin rendah pula preferensi mereka terhadap studi kimia. Selain itu, terdapat perbedaan profil kecemasan laboratorium dan preferensi studi kimia pada siswa yang bersekolah di kota dan kabupaten. Siswa di wilayah kota cenderung memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dan preferensi studi kimia yang lebih tinggi dan begitupun sebaliknya, sehingga membuktikan bahwa preferensi studi kimia juga dapat dipengaruhi oleh teritorial sekolah. Kata kunci: analisis faktor konfirmatori, kecemasan laboratorium kimia, preferensi studi kimia, teritorial sekolah This study aims to describe the influence of chemistry laboratory anxiety on chemistry study preferences among high school students in Lampung Province, based on school territory. This study employed a quantitative method with a survey research design. The analytical technique used was Confirmatory Factor Analysis (CFA) with the help of SPSS AMOS software. The instruments used in this study were the Chemistry Laboratory Anxiety Instrument (CLAI) and the Attitudes Toward Chemistry (ATC). The population in this study was all high school students in Lampung Province. Sampling was conducted using a cluster random sampling technique, and high school students in grades X, XI, and XII from six schools in Bandar Lampung City, Metro City, and Pringsewu Regency served as the study sample. The results showed that laboratory anxiety negatively affected students chemistry study preferences, where the higher the students’ anxiety in the laboratory, the lower their preference for chemistry studies. In addition, there were differences in the profiles of laboratory anxiety and chemistry study preferences between students attending schools in cities and districts. Students in urban areas tend to have lower levels of anxiety and higher preferences for chemistry studies, and otherwise, thus proving that preferences for chemistry studies can also be influenced by school territory. Keywords: confirmatory factor analysis, chemistry laboratory anxiety, chemistry study preferences, school territory
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 04:38 |
| Terakhir diubah: | 19 Nov 2025 04:38 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93629 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
