APLIKASI RETAIL FURNITURE 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS BASED TRACKING

Erlangga, Dwi Jiwantoro (2025) APLIKASI RETAIL FURNITURE 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS BASED TRACKING. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Erlangga Dwi Jiwantoro.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Erlangga Dwi Jiwantoro.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3906Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Erlangga Dwi Jiwantoro.pdf

Download (2580Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perancangan desain interior bertujuan untuk memaksimalkan fungsi ruangan agar dapat terlihat unsur estetika pada penataan produk furniture dalam ruangan. Namun, dalam perancangan desain menggunakan sketsa seringkali desain tampak agak tidak realistis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) dengan metode Markerless Tracking yang dapat memudahkan pengguna dalam mendesain interior ruangan dengan lebih efektif. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahap konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil pengujian menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT) terhadap calon pembeli sebesar 91,73% dan terhadap desainer interior sebesar 87,78% menunjukkan bahwa Aplikasi AR yang dikembangkan sangat layak digunakan oleh pengguna. Produk akhir dari penelitian ini adalah Aplikasi AR yang memungkinkan pengguna untuk mendesain furniture suatu ruangan dengan fitur interaktif seperti penyesuaian ukuran furniture pada ruangan, rotasi objek, ubah warna, dan backsound aplikasi yang berjalan pada latar belakang pada menu AR Kamera. Kata kunci: Augmented The interior design aims to maximize the function of the room so that aesthetic elements can be seen in the product arrangement of furniture indoors. However, when designing designs using sketches the designs often look a bit unrealistic. This research aims to develop a based application Augmented Reality (AR) with method Markerless Tracking which can make it easier for users to design room interiors more effectively. The development method used in this research is Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which consists of the concept, design, material collection, manufacturing, testing and distribution stages. Test results using the method User Acceptance Testing (UAT) against prospective buyers of 91,73% and to interior designers amounting to 87,78% shows that the AR application developed is very suitable for use by users. The final product of this research is an AR application that allows users to design furniture in a room with interactive features such as size adjustments on furniture in the room, rotate objects, change colors, and background sound application running in the background in the AR Camera menu. Keywords: Augmented Reality, Markerless Tracking, Furniture, Interior Design

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Nov 2025 04:15
Terakhir diubah: 20 Nov 2025 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93685

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir