PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

ELLYAS, NICO YOEL SAPUTRA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK - ABSTRACT - ELLYAS NICO YOEL SAPUTRA.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - ELLYAS NICO YOEL SAPUTRA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2982Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -ELLYAS NICO YOEL SAPUTRA.pdf

Download (2578Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Merbau Mataram. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas VA berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas V B berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model PjBL terintegrasi STEM, pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model discovery learning. Data kemampuan berpikir kreatif diambil dengan menggunakan tes, data produk kreatif diukur menggunakan rubrik penilaian produk, serta tanggapan peserta didik terkait pembelajaran menggunakan model PjBL terintegrasi STEM diukur menggunakan angket. Data kuantitatif dianalisis secara statistik menggunakan uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian berdasarkan data menunjukkan kelas eksperimen mendapatkan nilai n-gain sebesar 0.52 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mendapatkan nilai n-gain sebesar 0.28 dengan kategori rendah. Uji T terhadap nilai n-gain menunjukkan hasil sig. (2-tailed) 0,01 < 0,05. Hasil angket tanggapan peserta didik yang diperoleh mendapatkan persentase 88.89% yang dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning terintegrasi STEM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: model PjBL terintegrasi STEM, Berpikir Kreatif, dan Sistem Peredaran Darah This study aims to determine the effect of the STEM-integrated Project Based Learning model on students' creative thinking skills on the material of the circulatory system. This study used a quasi-experimental study with a pretest- posttest nonequivalent control group design. The population of the study was all fifth grade students of SD Negeri 1 Merbau Mataram. The research sample was obtained using a purposive sampling technique, class VA consisting of 24 students was selected as the control class, and class V B consisting of 28 students as the experimental class. The experimental class was given treatment using the STEM- integrated PjBL model, while the control class was given treatment using the discovery learning model. Creative thinking ability data was taken using a test, creative product data was measured using a product assessment rubric, and student responses related to learning using the STEM-integrated PjBL model were measured using a questionnaire. Quantitative data were analyzed statistically using the Independent Sample T-Test at a significance level of 5%. The results of the study based on the data showed that the experimental class got an n-gain value of 0.52 with a medium category and the control class got an n-gain value of 0.28 with a low category. The T-test on the n-gain value showed sig. (2-tailed) 0.01 < 0.05. The results of the student response questionnaire obtained a percentage of 88.89% which is categorized as very good. Thus, it can be concluded that the STEM integrated Project Based Learning model has a significant effect on improving students' creative thinking skills. Keywords: STEM integrated PjBL model, Creative Thinking, and Blood Circulation System

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:07
Terakhir diubah: 20 Nov 2025 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93695

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir