STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KAIN TENUN DAN TAPIS DI DESA TALANG JAWA KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

DEA , SANDOVA (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KAIN TENUN DAN TAPIS DI DESA TALANG JAWA KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - DEA SANDOVA.pdf

Download (2152Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi full -DEA SANDOVA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3240Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN -DEA SANDOVA.pdf

Download (3240Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Usaha kain tenun dan tapis di Desa Talang Jawa merupakan usaha unggul yang mendapatkan perhatian pemerintah namun saat ini mengalami kemunduran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha yang tepat pada usaha kain tenun dan tapis di Desa Talang Jawa yang diharapkan dapat miningkatkan daya saing usaha. Penelitian ini menggunakan alat Analisis SWOT yang terdiri dari 5 tahapan yaitu mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal, membuat Matriks SWOT, menganalisis Matriks IFAS dan Matriks EFAS, menganalisis Matriks Internal-Eksternal dan membuat Kuadran SWOT. Kuesioner ini diisi oleh 15 responden expert yang terpilih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat digunakan adalah 1) Memasarkan produk usaha kain tenun dan tapis di Platform, Website, dan Sosial Media lainnya agar usaha ini dapat cepat berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas, serta memaksimalkan sarana dan prasarana yang sudah ada. 2) Melakukan program kolaborasi dengan pemerintah untuk menfasilitasi kerja sama dengan industri tekstil besar sehingga produksi kain tenun dan tapis masuk ke dalam rantai pasok industri yang lebih luas. 3) Melakukan kemitraan dengan instansi atau industri pariwisata untuk menjadi objek wisata kreatif dan edukatif sehingga usaha ini dapat mengembangkan pusat pengrajin atau workshop yang terbuka untuk wisatawan. Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pengembangan, Usaha Kain Tenun dan Tapis The woven fabric and tapis business in Talang Jawa Village is a superior business that has received government attention but is currently experiencing a decline. The purpose of this study is to find out how the right business development strategy in the woven fabric and tapis business in Talang Jawa Village is expected to increase business competitiveness. This study uses a SWOT Analysis tool which consists of 5 stages, namely identifying internal factors and external factors, creating a SWOT Matrix, analyzing the IFAS Matrix and EFAS Matrix, analyzing the Internal- External Matrix and creating a SWOT Quadrant. This questionnaire was filled in by 15 selected expert respondents. The results of this study indicate that the right strategies to use are 1) Marketing woven fabric and tapis business products on platforms, websites, and other social media so that this business can quickly develop and be known by the wider community, and maximize existing facilities and infrastructure. 2) Conduct a programme of collaboration with governments to facilitate cooperation with the large textile industry so that production of knitted fabrics and tapestries enters into wider industrial supply chains. 3) Conduct partnerships with tourism agencies or industries to become a creative and educational tourist attraction so that this business can develop an artisan center or workshop that is open to tourists. Keywords: Development Strategy, SWOT Analysis, Woven Fabric and Tapis Businesses

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Ekonomi Pembangunan
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:48
Terakhir diubah: 21 Nov 2025 03:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93724

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir