Rizkia , Huda Rifdayani (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gading Rejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Rizkia Huda Rifdayani.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Full Skripsi Tanpa Lampiran_Rizkia Huda Rifdayani - Rizkia Huda Rifdayani.pdf Restricted to Hanya staf Download (2868Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Full Skripsi tanpa Pembahasan dan Lampiran - Rizkia Huda Rifdayani.pdf Download (2808Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Gading Rejo semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas VIII-A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian semu atau quasi experiment. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci : discovery learning, kemampuan representasi matematis, pengaruh This study aims to determine the effect of the discovery learning model on students' mathematical representation ability. The population in this study consisted of all eighth-grade students at SMP Negeri 1 Gading Rejo in the odd semester of the 2024/2025 academic year. The sample was selected using the cluster random sampling technique, resulting in class VIII-A with 30 students as the experimental group and class VIII-D with 29 students as the control group. This research is a quasi-experimental study using a pretest-posttest control group design. The data were obtained from tests measuring students’ mathematical representation abilities. Data analysis was conducted using the t-test. The results of the study showed that the improvement in mathematical representation ability of students who were taught using the discovery learning model was higher than that of students who received conventional instruction. Therefore, it can be concluded that the discovery learning model has a significant effect on students’ mathematical representation ability. Keywords : discovery learning, mathematical representation ability, influence
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:05 |
| Terakhir diubah: | 24 Nov 2025 04:05 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93771 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
